Pangsa pasar Daihatsu terbesar kedua nasional

Pangsa pasar Daihatsu terbesar kedua nasional

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar otomotif roda empat wholesales selama 2012 mencapai 1.116.230 unit atau tumbuh 25 persen dibanding tahun 2011 sebesar 894.164 unit.

Hasil ini cukup mengejutkan mengingat sebelumnya banyak Agen Pemegang Merk (APM) yang mengkhawatirkan kondisi pasar otomotif 2012. Menyusul diberlakukannya aturan baru Down Payment (DP) minimum kendaraan bermotor. Alih-alih berkurang, pasar otomotif nasional justru mencapai angka penjualan 1 juta unit lebih cepat dari prediksi semula tahun 2014.

Pertumbuhan pasar otomotif membuat semua merk menikmati kenaikan penjualan termasuk wholesales Daihatsu dari 139.544 unit (2011) menjadi 162.742 unit (2012) atau tumbuh 17 persen sehingga Daihatsu bertahan di peringkat ke-2 pasar otomotif nasional selama 4 tahun terakhir.

Daihatsu

Angka penjualan retail sales (163.068 unit) yang melebihi angka wholesales (162.742 unit) menunjukkan bahwa permintaan pasar Daihatsu melebihi pasokan sehingga tidak terjadi penumpukan stock di pasar atau dengan kata lain stock market Daihatsu tergolong sehat.

“Kami bersyukur karena data Gaikindo 2012 menunjukkan bahwa Daihatsu masih menduduki peringkat ke-2 market share otomotif nasional yang berarti selama 4 tahun terakhir berturut-turut dan stock market Daihatsu tergolong sehat karena permintaan pasar melebihi pasokan,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Besarnya angka permintaan unit Daihatsu di Tanah Air membuat Daihatsu terus memacu produksinya demi memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia. Tahun 2012 meskipun kapasitas produksi pabrik Assembly Plant di Sunter mencapai 340.000 unit per tahun, namun berkat kerja keras karyawan termasuk jam lembur telah menghasilkan total 376.251 unit.

(kpl/nzr/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024