Rahasia Si Kecil yang menghasilkan performa besar

Rahasia Si Kecil yang menghasilkan performa besar

All-new Ford Fiesta adalah model city car anyar yang siap meramaikan pasar segmen mobil kecil di Indonesia. Dengan dipersenjatai mesin EcoBoost 1.0 liter, yaitu mesin tiga silinder terkecil di kelasnya, namun menghasilkan performa yang luar biasa, bahkan setara dengan mobil bensin konvensional berkapasitas 1.6 liter.

Semua kemampuan yang mumpuni yang ditawarkan new Fiesta EcoBoost 1.0 liter ada pada beberapa teknologi yang telah diterapkan oleh insinyur-insinyur Ford, sehingga tak hanya menghasilkan performa dahsyat, namun efisien dalam mengonsumsi bahan bakar serta ramah lingkungan.

Salah satunya adalah Turbocharger super-kecil dan sangat responsif yang mengantarkan daya dengan cepat ketika throttle dibuka dari rpm rendah.

Kemampuan turbocharger untuk mencapai hampir 248.000 rpm tanpa jeda turbo secara virtual, menjadikan New Fiesta cepat dan menyenangkan untuk dikendarai.

Exhaust manifold dicetak ke kepala silinder sehingga gas buang dapat didinginkan oleh air, hal ini juga untuk mencapai rasio optimal bahan bakar terhadap udara melintasi rev band yang lebih lebar.

Blok cast iron yang unik memanaskan mesin dengan lebih cepat dibandingkan dengan blok aluminium konvensional, memotong besarnya energi 'pemanasan' mesin sebanyak 50 persen serta meningkatkan penghematan bahan bakar.

Sistem "split cooling" yang mempunyai thermostat terpisah untuk kepala dan blok silinder memungkinkan pemanasan mobil dengan cepat.

Dua drive belt utama pada mesin direndam dalam oli untuk menghasilkan mesin yang lebih senyap dan lebih efisien, sementara pompa oli variabel memastikan tekanan oli optimal di rentang kecepatan penuh.

Jadi, tak mengherankan jika mesin 1.0-liter EcoBoost dianugerahi International Engine of The Year, salah satu penghargaan industri otomotif yang paling bergengsi, pada tahun 2012 dan 2013.

"Dengan mengusung mesin EcoBoost 1.0 liter, kami yakin, Ford Fiesta akan semakin populer. Dimana, Fiesta sudah diakui sebagai pemimpin di segmennya dalam hal efisiensi bahan bakar, performa dan kepribadian", ujar Bagus Susanto, Managing Director PT Ford Motor Indonesia.

(kpl/tr/fjr)

© PT Topindo Atlas Asia 2024