Spin lebih unggul, Ertiga 'adem ayem'

Spin lebih unggul, Ertiga 'adem ayem'

Rilis resmi mengenai harga Chevrolet Spin memang membuat orang terpancing penasaran dan bahkan berminat untuk membelinya. Pasalnya, harga yang ditawarkan dimulai dari Rp 139 juta.

Dengannya persaingan di segmen MPV pun kian panas karena selain perang harga, berbagai fasilitas pun menjadi pembeda dan kian ke depan, setiap produsen mulai menjanjikan pilihan yang kian beragam, termasuk pilihan MPV double blower, transmisi matik, hingga tipe mesin diesel.

Meski Chevrolet Spin siap masuk pada April ini dengan keunggulan double blower dan diesel, Suzuki pun 'adem ayem' (tenang saja) tidak lantas kalut. Senjata dengan menawarkan diskon tidak menjadi pilihan.

"(Untuk menyikapi Spin), Kita belum ada diskon (buat Ertiga), bahkan tidak akan memberlakukan diskon," Susanto Winarto, Sales Strategy Developmentā€“Sales 4W PT Suzuki Indomobil Sales di sela-sela penarikan undian program Ertiga Excitest Drive periode ke-9 di dealer Suzuki Dewi Sartika, Jakarta, Sabtu (23/2).

Walaupun tanpa diskon, penjualan Ertiga seperti disampaikannya terus meningkat. Hingga kini, permintaan konsumen masih sangat banyak, tetapi secara produksi diakui masih kurang. Sebagai gambaran, Desember tahun lalu Ertiga terjual 3.073 unit, lalu Januari naik jadi 5.467 unit.

Untuk memenuhi permintaan yang tinggi, pihaknya pun akan meningkatkan kapasitas produksi mulai Februari ini supaya memperpendek jarak inden. "Januari kita produksi sekitar 4.500-an unit," tambahnya.

Ertiga memang pasang harga mulai dari Rp 143.000.000 (tipe GA). Harga ini lebih tinggi sekitar Rp 4 juta dibanding Spin.

Spin memang lebih unggul pula dalam pilihan transmisi karena Ertiga memang kini masih mengandalkan transmisi manual dengan mesin bensin berkapasitas 1.377 cc, DOHC, 16 katup VVT dan didukung Multi Point Injection.

(kpl/why/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024