Subaru tetap mengandalkan mesin Boxer

Subaru tetap mengandalkan mesin Boxer

Subaru tetap mengandalkan mesin Boxer pada model SUV Subaru XV. Hal ini disampaikan Glenn Tan, Presiden Direktur PT Tan Chong Subaru kepada wartawan saat acara Media Test Drive di Bali (1/4). "Ini sudah menjadi ciri khas Subaru yang telah menggunakan mesin Boxer ini sejak awal," ujar Glenn.

Mesin Subaru model Boxer merupakan gabungan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi. Dan setiap mobil Subaru dilengkapi dengan mesin Boxer. Model Boxer memungkinkan mesin diposisikan sejajar dengan drivetrain untuk penyaluran tenaga yang maksimum.

Hal ini sangat berbeda dengan mesin lainnya yang posisinya kerap melintang, atau berbalik tegak lurus Di mana memerlukan komponen drivetrain tambahan untuk penyaluran tenaga, mengurangi efisiensi kendaraan.

Pergerakan piston dari Boxer itu memungkinkan mesin berjalan mulus tanpa harus menggunakan komponen tambahan sebagaimana ada di banyak mesin sejajar lainnya dan V-type. Dengan piston yang bergerak secara horizontal, mesin Subaru Boxer memiliki profil sederhana, datar, nyaris simetris, untuk kendaraan dengan keseimbangan yang baik.

Mesin Subaru XV

(kpl/tr/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024