Subaru XV dirakit di Malaysia

Subaru XV dirakit di Malaysia

Pabrik perakitan Subaru di Kuala Lumpur, Malaysia, baru saja menyelesaikan XV pertama mereka. Sebanyak lebih kurang 65 persen dari kendaraan-kendaraan yang akan dirakit di Malaysia tersebut akan diperuntukkan sebagai komoditi ekspor, sedangkan sisanya akan didistribusikan secara lokal.

Pabrik perakitan di Negeri Jiran itu adalah hasil kerja sama Fuji Heavy Industries, Ltd. dengan Motor Image, anak perusahaan dari Tan Chong International Limited. Siaran pers Motor Image menyebutkan, lebih dari 5.000 unit kendaraan Subaru XV 2.0i dan Subaru XV 2.0i-Premium akan diproduksi setiap tahun untuk Indonesia.

Subaru XV pertama kali diperkenalkan pada bulan September dan Motor Image telah menerima sambutan yang luar biasa untuk compact SUV ini dari tiga negara tersebut. Penjualan di tiga negara tersebut di atas diperkirakan akan meningkat lebih dari 10 kali lipat dalam tahun pertama diperkenalkannya kendaraan rakitan lokal ini.

Direktur Eksekutif dari Tan Chong International Limited, Glenn Tan, mengatakan bahwa merakit mobil Subaru secara lokal di Malaysia memungkinkan pihaknya untuk memanfaatkan perjanjian perdagangan antar negara ASEAN.

Strategi pertumbuhan Grup ini juga tercermin dalam eksistensi Grup Motor Image yang pesat, yakni pembukaan 15 outlet penjualan dan distribusi di Indonesia, dari 7 outlet menjadi 22 outlet per tahun ini. Sementara 11 outlet baru direncanakan akan dibuka sepanjang tahun 2013.

Saat ini Subaru mendapatkan permintaan yang besar untuk kendaraan 'All-Wheel Drive', di seluruh wilayah, khususnya di pasar Asia dengan lebih dari 13.000 unit yang terjual pada tahun 2011.

(kpl/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024