Volvo hadirkan Hight Beam Otomatis

Volvo hadirkan Hight Beam Otomatis

Menyalakan lampu High beam, bisa mengganggu pengendara lain yang ada di depanya. Namun sekarang sudah ada teknologi yang mengatur kedipan lampu tinggi secara otomatis.

Untuk itu Volvo menghadirkan teknologi Active High Beam Control. Sehingga pengemudi dapat terus menyalakan lampu beam tinggi tanpa menyilaukan orang lain.

Fitur ini menggunakan kamera yang dipasang di kaca spion Volvo untuk mendeteksi mobil dan mengendalikan sistem pengereman otomatis. Kamera ini akan mendeteksi mobil lain dan menghitung area gelap dalam margin 1,5 derajat. Kemudian mengatur sudut pantul cahaya lampu secara tepat.

"Tujuan kami dengan teknologi ini, untuk meningkatkan visibilitas dalam gelap sehingga memungkinkan untuk menggunakan lampu tinggi, tanpa harus beralih ke lampu rendah ketika berpapasan atau bersebelahan dengan mobil lain," ujar Prof. Lotta Jakobsson, Senior Spesialis Keselamatan Teknis di Volvo Cars Safety Centre seperti dilansir Gizmag (04/03).

Tidak hanya ketika berpapasan dengan mobil, sistem ini juga berfungsi ketika mobil berpapasan dengan sepeda motor dengan kecepatan hingga 15 km/jam.

Volvo akan memamerkan teknologi ini di Geneva Motor Show 2013 yang akan dilangsungkan pada 7-17 Maret 2013 dan bakal tersedia untuk Volvo S60, V60 dan XC60.

(kpl/rd)

© PT Topindo Atlas Asia 2024