3 Penyebab Air Radiator di Sepeda Motor Bocor

3 Penyebab Air Radiator di Sepeda Motor Bocor

Motor mulai berubah baik dari sistem mesin maupun teknologi penunjangnya. Berbeda dengan zaman dulu ketika sistem pendinginan air radiator hanya ada di mobil saja, kini motor juga memiliki sistem pendinginan serupa.

Dimulai dari era Yamaha Jupiter MX, kini banyak motor matic dan motor sport yang mengadaptasi sistem pendinginan air radiator.

Hal ini sontak menjadi penting dibahas, apalagi komponen satu ini sangat erat kaitannya dengan performa mesin. Jika radiator dalam kondisi yang tidak baik, maka kondisi mesin akan lebih cepat panas.

Bahkan, radiator air yang rusak mampu membuat motor kelewat panas atau kerap disebut overheating.

Jangan sampai rusak karena air radiator. Pelajari cara merawatnya, termasuk penyebab air radiator motor bocor, apa saja itu?

1. Dihantam Benda Keras

Benda keras bisa menjadi alasan mengapa air radiator di motor kesayangan kamu bocor. Memang, beberapa motor seperti matic menempati tabung air radiator di bagian pijakan kaki.

Benda keras yang menghantam tidak terlepas dari polisi tidur atau curamnya kontur jalanan. Tidak kelewatan, besi maupun partikel asing yang memiliki andil dalam bocornya suatu kendaraan.

Air radiator yang bocor akan menyebabkan berbagai macam hal, seperti kurangnya stabilnya suhu kendaraan. 

2. Minus Kecelakaan

Kecelakaan yang kerap menimpa suatu kendaraan akan berdampak pada bagian luar, yaitu bodi kendaraan. Namun, ada beberapa kasus yang terjadi ketika bagian dalam turut terdampak.

Minus dari kecelakaan akan meliputi berbagai macam hal, seperti bodi rusak atau lecet, spion, kaca, hingga fatalnya pada bagian mesin/tabung radiator.

BACA JUGA: 3 CARA MEMILIH AIR RADIATOR TERBAIK UNTUK SEPEDA MOTOR

Air radiator yang bocor akan merusak kinerja kendaraan. Pada akhirnya, suhu motor akan mengalami peningkatan serta munculnya istilah overheating.

3. Usia Pakai yang Lama

Usia pakai juga memiliki faktor tertentu yang menjadi penyebab munculnya kerusakan di air radiator kendaraan. Hal ini memiliki penyebab pada umur yang lama, tentu target dari hal ini adalah motor edisi keluaran tahun 2010-an.

Air radiator akan mengalami kebocoran dalam waktu yang lama, apalagi penggunaan air radiator yang tidak tepat.

Tetesan air radiator akan terlihat dalam masa pakai yang cukup lama. Hal ini berkaca pada masalah umur pakai kendaraan.

Jadi pastikan selalu menjaga kinerja motor lebih baik, atau setidaknya memberikan perawatan secara maksimal dengan ke bengkel setiap sebulan sekali.

Motor yang rusak akan memakan biaya lain, termasuk spare part maupun filter kendaraan yang terdampak akan kebocoran air radiator.

TOP 1 POWER COOLANT siap membantu masalah air radiator kamu kembali normal dan stabil. Suhu kendaraan akan terawat dengan kandungan E. Glycol kadar 20% serta menjaga performa minim kerak.

Kini TOP 1 POWER COOLANT tersaji dengan ukuran 500 mililiter yang cocok untuk motor matic kesayangan kamu!

Tunggu apalagi? Beli di TOP 1 Store Tokopedia sekarang! Rasakan promonya, gratis ongkir, dan produk dijamin asli sob!

© PT Topindo Atlas Asia 2024