Selasa, 17 November 2020

4 Rekomendasi Oli Gardan yang Bagus Untuk Berbagai Mobil

Oli gardan mobil yang bagus bisa menjadi hal yang sangat enteng untuk dilupakan, meski faktanya memang oli di berbagai posisi sama-sama penting. Untuk pengguna kendaran, apalagi mobil memang memiliki banyak tambahan di berbagai kebutuhan.

Ada oli gardan, oli transmisi, oli mesin, oli/minyak rem, oli power steering, air radiator atau coolant, dan masih banyak lainnya. Tidak heran banyak yang menggunakan mobil tanpa mengetahui cara perawatannya.

Bagian gardan sendiri menjadi penopang perputaran roda belakang kendaraan, dan tentunya menjadi sangat penting guna mengamankan daya laju tanpa adanya hambatan.

Hambatan atau kerusakan bisa saja terjadi bila bagian-bagian penting tidak diurus secara serius. Mobil bisa dibilang lebih mudah rusak dibandingkan motor karena komponennya sangat banyak.

Maka dari itu, mari kita pahami lebih lanjut tentang oli gardan mobil yang bagus, yuk simak!

Fungsi Oli Gardan Mobil

Mobil sendiri memiliki beragam perangkat atau komponen yang membutuhkan oli. Sebut saja transmisi, gardan, oli mesin, oli atau minyak rem, dan masih banyak lainnya. Fokus pada oli gardan, fungsi apa yang ditawarkan produk satu ini?

Oli gardan memiliki fungsi untuk memastikan komponen di dalam unit gardan terlumasi dengan baik agar mobil dapat bekerja secara optimal. Oli gardan juga memiliki umur tertentu, bila sudah menyentuh umur yang ditentukan maka oli gardan bisa terkontaminasi.

Lantas, oli gardan yang sudah berumur dapat berfungsi sebaliknya, yaitu merusak unit gardan karena kemurniannya berkurang. 

Waktu Ganti Oli Gardan Mobil

Sebenarnya oli gardan memiliki batas ganti yang cukup panjang, yaitu sekitar 20.000 kilometer atau sesuai anjuran pabrik / produsen kendaraan. Namun, alangkah baiknya mengganti oli gardan lebih sering di angka lebih kecil.

Biasanya, rekomendasi oli gardan terletak di angka 10.000 - 15.000 kilometer. Tentu untuk menyesuaikan kualitas dan kemurnian oli gardan di mobil kamu, sob! Jangan sampai karena irit, justru unit gardan dapat terdampak dan diharuskan servis.

BACA JUGA: Apa Arti Viskositas di Oli Mesin? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Unit gardan di mobil juga kerap bekerja ekstra, maka dari itu berikan penggantian oli gardan yang lebih dianjurkan di angka 10.000 - 15.000 kilometer akan lebih baik. 

Rekomendasi Oli Gardan yang Bagus

Kenapa sih harus mengganti oli gardan? Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan, seperti tenaga mobil menjadi lebih ringan serta menghindari kerusakan unit gardan.

Biasanya, kerusakan unit gardan dapat terdengar dan kamu rasakan secara langsung seperti tarikan yang berat dan suara kasar atau keras di gardan mobil kamu. Tentu kamu tidak ingin kendaraan kamu mengalami kendala di bagian gardan, bukan?

Berikut jajaran oli gardan yang bagus untuk kamu coba di mobil kesayangan, antara lain:

1. TOP 1 GEAR OIL SAE 90 API

Pelumas atau oli gardan TOP 1 GEAR OIL SAE 90 diformulasikan untuk mobil-mobil yang bisa dibilang cukup lama dioperasikan. Pada dasarnya, ada jarak viskositas yang sama dengan oli mesin, namun dibuat lebih kental.

Alasan dibuat kental karena memang bagian gardan berbeda dengan mesin, kerja keras, padat stres, serta tumpuan utama dalam pergerakan menjadi alasan utamanya.

Bagi kamu pengguna Avanza, Kijang Innova, Grand Max, Xenia, dan lain sebagainya pada produksi di bawah tahun 2012 bisa menggunakan oli gardan satu ini.

2. TOP 1 GEAR OIL SAE 80W-90

Diformulasikan dan memenuhi standar API GL-4 Service, TOP 1 GEAR OIL SAE 80W-90 bisa jadi pilihan bagi kamu pengguna mobil gardan serta transmisi manual. 

Oli satu ini dapat menjaga kondisi mobil tetap aman dan aman pada kondisi ekstrim sekalipun. Kandungan sintetisnya juga menjaga daya pakai menjadi lebih lama.

3. TOP 1  GEAR OIL SAE 75W-90

Menjaga gardan tetap aman dengan kehadiran Superior Rust Protection guna melindungi secara ekstra terhadap karat. Roda gigi juga lebih aman dari keausan karena membawa perlindungan menyeluruh.

Untuk suhu sendiri masih jauh dari kepanasan karena TOP 1 GEAR OIL 75W-90 membawa teknologi Thermal Stability guna menahan suhu ekstrim yang tinggi dan memperpanjang usia pakai kendaraan.

4. TOP 1 GEAR OIL SAE 140 API

Yang terakhir merupakan seri oli gardan dengan kekentalan tertinggi dari TOP 1, lebih khusus untuk mobil pengangkat beban berat, yang membutuhkan perlindungan dalam tingkat stres kendaraan yang tinggi.

Alhasil, mobil akan bekerja lebih aman dan nyaman meski digunakan pada waktu yang lama, apalagi yang membawa barang berat.

BACA JUGA: Pengertian Oli Mesin, Waktu Penggantian dan Masa Kadaluarsa

TOP 1 GEAR OIL juga membawa berbagai teknologi yang aman dan nyaman agar kondisi mobil tetap optimal di berbagai kondisi.

Jadi, selalu gunakan TOP 1 GEAR OIL yang memiliki kandungan sintetik tinggi dan mampu memberikan perlindungan ekstra di roda gigi gardan serta menjaga suhu mobil kamu tetap stabil!

Tunggu apalagI? Ganti oli gardan mobil kesayangan kamu dengan oli TOP 1 SYNTHETIC GEAR OIL di bengkel-bengkel kesayangan. 

Atau beli secara online di ecommerce TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang! 

Nikmati beragam diskon menarik hingga 30%, promo gratis ongkir, dan produk sudah dijamin asli!

Oli Anda TOP 1 juga kan?

Rekomendasi untuk kamu: