6 Jenis Wiper Mobil, Mana Pilihan Terbaik Untuk Mobil Anda

6 Jenis Wiper Mobil, Mana Pilihan Terbaik Untuk Mobil Anda

Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki musim penghujan, keberadaan wiper dengan kualitas terbaik pada mobil kesayangan kamu tentu akan menentukan performa berkendara Anda. Bagaimana tidak, wiper mobil berfungsi untuk membersihkan kaca depan mobil dari air maupun kotoran lain yang bisa menghalangi pengelihataan di saat menyetir.

Untuk itu, Anda harus memastikan apakah wiper mobil masih dalam keadaan yang baik ataupun tidak. Meskipun setiap mobil sudah memiliki wiper masing-masing, ternyata wiper mobil memiliki berbagai jenis.  Simak penjelasan berikut mengenai jenis wiper yang ada di pasaran:

  1. WIPER KONVENSIONAL

Wiper ini terdiri dari braket dan juga karet. Namun saat ini, wiper jenis ini akan suli ditemukan karena biasanya hanya terpasang di mobil-mobil jenis keluaran lama. Wiper konvensional ini sudah tidak lagi digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru.

  1. WIPER FULL FRAME

Jenis wiper full frame menjadi jenis standar yang biasa digunakan pada banyak tipe mobil pada umumnya. Wiper ini biasanya dilengkapi oleh gagang besi, sehingga banyak penggunanya yang menganggap bahwa wiper jenis ini memiliki daya tahan yang lebih kuat. Tak hanya itu, adanya gagang besi juga dianggap bisa mendukung kerja wiper untuk menyapu bersih kotoran yang ada pada kaca. Namun, keberadaan gagang besi pada wiper ini juga bisa berbahaya jika karet pada wiper sudah menipis.

 

Baca Juga : Cara Merawat Mobil Matic Yang Baik

 

  1. WIPER FLAT-BLADE

Wiper jenis ini diklaim memiliki bobot yang cukup ringan. Pasalnya, wiper flat-blade hanya memiliki penyanggah kecil di tengah wiper. Sebagian besar komponen wiper ini ialah karet, namun terselip besi pipih di dalam wiper untuk memperkuat kerja wiper. Wiper ini dianggap memiliki sapuan yang cukup bersih jika digunakan.

  1. WIPER REFILL

Dari namanya saja, Anda tentu sudah dapat menebak jenis wiper seperti apakah wiper refill ini. Ya,  wiper ini tersedia dalam bentuk isi ulang. Saat dirasa karet wiper sudah menipis atau rusak, Anda hanya perlu mengganti bagian karetnya saja. Namun, Anda pun harus memerhatikan ukuran karet agar tetap sesuai dengan kerangkanya.

  1. WIPER HIBRIDIA

Jenis wiper hibridia ini merupakan gabungan antara wiper konvensional dan juga wiper flat-blade. Jenis ini memiliki komponen braket dan juga holder plastik. Cocok bagi Anda yang menginginkan wiper konvensional namun memiliki kinerja optimal seperti flat-blade.

  1. WIPER FRAME-LESS

Tipe wiper frame-less memiliki bingkai yang terbuat dari bahan plastik, sedangkan karet yang ada pada tipe ini juga memiliki tekstur yang lebih lembut. Jika pada tipe full frame kaca Anda bisa terkena risiko lecet akibat bingkai besi, pada tipe wiper ini Anda bisa lebih tenang. Namun, saat karet wiper menipis, Anda tak bisa menggantinya begitu saja. Pasalnya, karet pada wiper ini tak bisa diisi ulang, sehingga Anda pun butuh budget lebih untuk membeli seluruh komponennya.

 

 

Baca Juga : Jangan Asal Ganti Filter Oli Mobil

 

 

Ingat Sob, beda mobil beda juga jenis wipernya, pastikan jenis wiper yang kamu pilih memang sudah sesuai dengan kebutuhan kamu ya.

Nah kalau untuk urusan memilih oli mobil terbaik, kamu tidak perlu bingung. Kualitas Oli TOP1 telah terbukti diberbagai event dan balap internasional. Pada tahun 2018, Kualitas pelumas Full Sintetik dari TOP 1 Oil telah dipercaya menunjang mesin mobil  5 pembalap di Ajang Formula Drift  dan juga Dakar Rally 2019.

Kualitas dan performa Oli TOP1 di tanah air juga telah dianugerahi penghargaan MURI sebagai “Ketahanan Mesin dan Oli Mobil Terlama Yang Dioperasikan Nonstop”. Pengujian ini merupakan hasil kerjasama Autobild dan PT Grandauto Dinamika selaku pemegang merek mobil Land Rover di Indonesia. Pengujian oli TOP1 dilakukan selama 168 jam bertajuk “168 Hours Nonstop Extreme Challenge” mengelilingi pulau Jawa. Perjalanan ditempuh selama 8 hari melintasi berbagai kondisi jalan di pulau Jawa

 

Baca Juga : Rekomendasi Oli Encer Terbaik Untuk Mobil Honda HR-V : TOP1 HP Sport 0W-20

© PT Topindo Atlas Asia 2024