Jumat, 6 Juli 2018

Apasih Fungsi Oli Mesin untuk Kendaraan Anda Sebenarnya?

Banyak pengguna kendaraan yang masih mengesampingkan fungsi oli mesin. Oli mesin merupakan hal paling penting agar kendaraan Anda selalu terjaga keadaannya. Sebenarnya, fungsi utama oli mesin adalah untuk melumasi komponen-komponen yang terdapat di mobil Anda. Hal ini dilakukan agar mesin bergerak lebih mulus dan dapat melakukan pembakaran dengan benar.

Saat kendaraan Anda bergerak, terjadi banyak pergerakan dan pergerakan di dalam mesin. Oleh sebab itu, mesin akan cenderung untuk aus dan robek serta panas yang berlebih. Nah oli mesin  mencegah hal tersebut agar tidak terjadi.

Baca Juga:

5 Jagoan Drifter Terbaik Dari Oli TOP 1 di Formula Drift

Perlu Anda ketahui bahwa ketika terjadi pergesekan dan pergerakan antar komponen, pasti akan menimbulkan timbunan di dalam silinder mesin. Oli juga dapat mengambil endapan tersebut dari ruang bakar untuk dibuang menjadi gas.

Agar lebih jelas, berikut ini fungsi oli mesin pada kendaraan.

Melindungi Mesin Anda terhadap Korosi Mesin

Oli mesin mencegah mesin beroksidasi dengan membentuk lapisan pelindung. Hal ini terjadi karena oli dipompa ke banyak bagian mesin melalui sebuah filter dan dibiarkan mengalir kembali ke tempat oli di bawah.

Sebagai Pendingin

Oli mesin kendaraan Anda juga berfungsi sebagai pendingin dari proses pembakaran di dalam silinder. Karena oli bergerak di sekitar mesin panas (bekerja seperti pompa di jantung di dalam tubah Anda). Jadi, oli bergerak ke banyak komponen mesin yang lebih dingin di mana oli akan mendingin sebelum dipompa kembali melalui mesin.

Sebagai Perapat 

Oli mesin bertugas untuk merapatkan celah-celah antara piston dan silinder. Oli juga dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran.

Oli Mesin Dapat Meredam Suara Bising

Benturan piston, bila tidak diredam akan menimbulkan suara yang nyaring dan bising. Ternyata, oli meredam ini agar lebih halus dan nyaman didengar. Oli mesin berfungsi untuk melapisi antara bagian batang piston dan poros engkol.

Sudah sangat jelas bahwa oli merupakan elemen paling penting dalam sebuah kendaraan. Fungsinya sangat banyak menjaga keharmonisan mesin agar tidak terjadi kerusakan-kerusakan. Dengan rutin mengganti oli, mesin kendaraan Anda akan selalu terjaga performanya.

Baca juga:

Masih bingung sama kode Motor Multi Grade? Kamu harus tahu nih arti SAE oli motor

Untuk mendapatkan performa mesin terbaik, pakailah oli sintetik dari produk-produk TOP 1 yang sudah terbukti teknologinya. TOP 1 telah berpengalaman dalam memproduksi oli Full Synthetic berkualitas terbaik. Oli Full Synthetic adalah oli hasil terbersih dari pemilahan oli mineral. Sehingga secara pengolahan dan kegunaannya, oli yang full synthetic jelas lebih baik dibandingkan dengan oli non-synthetic biasa, seperti usia pakai lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi dan melindungi mesin lebih baik dan efesiensi bahan bakar yang lebih hemat

 

Rekomendasi untuk kamu:

November 19, 2015
Newsletters