Cara Tepat Bersihkan Busi

Cara Tepat Bersihkan Busi

Sebagian pengguna kendaraan memiliki kebiasaan membersihkan busi dengan menggunakan sikat kawat atau amplas? Namun apakah itu merupakan cara yang tepat untuk membersihkan busi?

Sebelum masuk lebih dalam, perlu diketahui kotoran ini sebenarnya adalah karbon yang menempel. Membersihkan busi, tepatnya pada bagian kepala (elektroda) dengan sikat kawat atau amplas, mungkin banyak dilakukan orang. Bahkan sudah menjadi kebiasaan lama, dengan tujuan menghilangkan kotoran yang menempel, agar performa busi kembali normal. Tapi benarkah cara itu?

Jika tumpukannya sudah terlalu tebal, kedua elektroda yang berada di ujung busi sulit menciptakan percikan listrik. Hasilnya pembakaran dalam ruang silinder menjadi tak sempurna atau bahkan tidak terbentuk sama sekali. Bila sudah begini, perlu dilakukan pembersihan.

 

Baca Juga : Daftar Oli Gardan TOP1 Terbaik, Bikin Manuver Mobil Anda Makin Asyik!

 

Joransyah selaku Product & Technical Support PT Topindo Atlas Asia, mencoba menjelaskan bahwa menyikat busi menggunakan amplas atau sikat besi memang dapat mengangkat/membuat sisa karbon yang melekat, namun dirinya menjelaskan bahwa teknik ini dapat menurunkan kinerja busi dikarenakan oleh celah elektroda menjadi melebar.

“Kebiasaan menyikat busi memang dapat mengangkat sisa karbon, namun justru hal ini dapat menurunkan kualitas businya, proses pembakaran bisa jadi tidak berjalan dengan baik,” jelasnya.

Joransyah justru memberikan tips cara yang tepat membersihkan busi kendaraan yakni dengan cairan pembersih aerosol. Selain efektif membersihkan karbon, risiko elektroda terkikis bisa terhindar. Meski begitu, tak sembarang produk bisa dipakai. Harus menggunakan yang tak mengandung material metal. Lantaran reaksi kimianya punya efek yang sama layaknya memakai sikat kawat atau amplas. Salah satu yang paling aman adalah brake cleaner.

 

Baca Juga : Daftar Harga Oli Gardan TOP1 Terbaik Dan Terlengkap

 

Namun, trik ini hanya ampuh diterapkan pada karbon kering. Beda kasus bila kotorannya membandel atau sudah menjadi kerak yang menempel di elektroda. Penyebabnya banyak. Mulai dari bahan bakar yang masuk berlebihan, sampai ada material asing yang masuk dan melebur karena terbakar. Sayangnya tak ada cara yang ampuh untuk membersihkannya, pemilik kendaraan disarankan untuk mengganti busi.

 

Baca Juga : Pemilik Mobil Harus Tahu 5 Jenis Oli Ini

© PT Topindo Atlas Asia 2024