Sabtu, 26 September 2020

Mudah, Ini 7 Cara Membersihkan Karburator Motor yang Benar dan Aman

Motor memiliki banyak komponen yang mana memiliki fungsi yang penting, salah satunya adalah karburator.

Karburator merupakan komponen penting yang berada di motor untuk proses pembakaran yang stabil.

Fungsinya sendiri yaitu menyatukan udara dan juga bahan bakar yang lalu disalurkan di ruang pembakaran.

Banyak motor saat ini yang menggunakan karburator dan juga sistem injeksi. Salah satu contohnya adalah teknologi Electrical Fuel Injection (EFI) sistem bahan bakar yang dikomputerisasi.

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang, tidak hanya motor matic yang mengadopsi sistem injeksi.

Karburator motor yang penting menjadi salah satu alasan untuk merawatnya. Cara yang tepat? Menggunakan cairan pembersih atau sabun merupakan hal yang disarankan.

Jangan sampai kotornya karburator berdampak pada bagian bensin, seperti motor yang tersendat-sendat. Lantas, penggunaan yang tepat harus disertai dengan perawatan yang lengkap.

Bagaimana cara lengkapnya? Yuk simak 7 cara membersihkan karburator motor yang mudah dan aman!

1. Melepas Karburator dari Dudukan

Hal paling mendasar adalah membuka atau melepaskan karburator motor terlebih dahulu. Yap, kamu harus melepasnya untuk membersihkan hingga ke bagian dalam.

Ada alat-alat kunci yang penting sebelum memulai membongkar karburator motor dari dudukannya.

2. Membongkar Tutup Karburator

Karburator yang tertutup juga membutuhkan pembuka untuk membersihkan bagian dalam. Membukanya dengan alat seperti mur di bagian sekrup karburator.

Bila kotor, maka akan terdapat endapan yang terkontaminasi dengan air di dalam mangkuk karburator. Bersihkan dengan kuas lalu ditambah dengan bensin, atau bisa menggunakan cairan pembersih karburator.

3. Melepas Karburator dari Plot Jet

Bila sudah bersih bagian mangkuknya, kini bagian utama yaitu karburator motor yang menjadi sasaran. Ada bagian pilot jet di tengah yang berfungsi meniup tenaga.

Bersihkan bagian tersebut dengan cara ditiup atau disemprot tenaga udara seperti kompresor.

4. Membersihkan Bagian Main Jet

Lalu di setiap bagian karburator dengan jet harus dibersihkan, bisa dengan bensin, kompresor, atau cairan pembersih yang tersedia di toko-toko.

Selalu hindari endapan atau debu yang berada di dalam karburator bila memang mengganggu saluran jet.

5. Membersihkan Bagian Needle Jet

Bersihkan komponen-komponen yang berada di atas dengan melepas needle jet. Lalu bersihkan bagian lubang dengan kuas yang dicelupkan bensin atau cairan pembersih.

BACA JUGA: Rekomendasi Pelumas Rantai Motor Terbaik, Bersih Secara Menyeluruh!

Tidak lupa membersihkan badan karburator dengan semprotan dari kompresor agar moncong jet tetap bersih dan tidak ada air yang menyumbat bagian tersebut.

6. Lap Setiap Bagian dengan Kain

Bila sudah selesai, sebelum merakitnya kembali selalu keringkan terlebih dahulu sehingga potensi debu yang menempel akan menjadi kecil.

Selain itu tidak lupa, kain bersih sebagai media penyaring basah atau endapan sehingga kendaraan mampu berjalan optimal.

7. Rakit Karburator dan Bersihkan Bagian Sekitar

Bagian terakhir adalah merakit karburator yang sudah bersih. Tidak lupa membawa beberapa cara untuk merakit seperti alat-alat yang sudah disediakan sehingga kendaraan dapat bekerja kembali optimal.

Langkah-langkah di atas bisa kamu gunakan karena cukup simpel. Justru bila kamu memang mahir, maka tidak perlu pergi ke bengkel kesayangan.

Ada juga beberapa bahan yang penting selain bensin bila ingin membersihkan karburator motor. Pasalnya, bensin memang baik namun tidak diperuntukkan sebagai pembersih.

Lebih baik percayakan pada cairan yang memang memiliki kelebihan sebagai media pembersih. Lantas, apa barang tersebut dan bagaimana cara penggunaannya?

TOP 1 CARZ CLEANER merupakan alat semprot yang berisikan cairan pembersih logam dan karburator. Lapisan besi menjadi aman digunakan sehingga tidak ada kasus endapan yang terjadi.

Selain itu, logam yang disemprot akan lebih awet dengan cairan pelindung dan formal pembersih.

Lebih optimal, cepat dan mudah! Tunggu apalagi? Beli TOP 1 CARZ CLEANER sekarang biar motor atau mobil kamu makin bersih optimal!

Tenang, beli aja dari rumah sob! Kunjungi toko resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang!

Lagi ada promo menarik, diskon besar-besaran, dan tidak lupa produk terjamin keasliannya!

Kini saatnya beralih ke TOP 1!

Rekomendasi untuk kamu: