Kamis, 16 Januari 2020

Penyebab Mobil Terbakar, Awas Kenali Gejalanya!

Tentunya Anda sudah mendengar kasus mobil terbakar yang sedang heboh saat ini. Terbakarnya mobil bisa menimpa kapan pun.

Yuk kenali penyebab mobil terbakar! Heboh kasus terbakarnya supercar milik Raffi Ahmad sempat membuat heboh pemberitaan. Banyak yang bertanya-tanya penyebab dari terbakarnya mobil supercar tersebut.

Kebakaran mobil seperti yang dialami Raffi Ahmad sebenarnya bukanlah hal yang langka. Hal itu dapat terjadi pada jenis mobil apapun. Penyebab mobil terbakar pun bisa beragam. Yuk, ketahui gejalanya!

 

Baca Juga : TOP 1 10W-30 Pilihan Oli Mesin Terbaik Honda CRF 250 Rally

 

1.Kebocoran bahan bakar minyak

Tiap mobil pasti memiliki sejumlah cairan mudah terbakar, misalnya saja bahan bakar minyak. Selain kebocoran tangki, penyebab mobil terbakar bisa saja diakibatkan oleh hawa panas. Bahan bakar minyak di dalam tangki bisa terbakar dengan sendirinya karena hawa panas berlebihan yang dihasilkan oleh mesin.

 

3.Kerusakan listrik

Kerusakan pada aki dan kelistrikan sering kali menimbulkan hubungan arus pendek yang jadi salah satu faktor penyebab mobil terbakar. Aki mobil yang bermasalah bisa menciptakan gas hidrogen yang berkumpul di ruang mesin. Hal ini bisa berbahaya bila ada kelistrikan yang rusak, misalnya saja kabel yang korslet dan menimbulkan percikan api.

Percikan api yang mengenai gas hidrogen dapat menyulut kebakaran pada mobil. Api kemudian mengenai bagian bensin atau bahan-bahan yang mudah terbakar lainnya. Karena itu, sebagai pemilik mobil, ada baiknya Anda rajin memeriksa kondisi aki dan kelistrikan.

Baca Juga : Ban Mobil Pecah Tiba-tiba? Ini Cara Mengatasinya

 

3.Mesin overheat

Mesin mobil yang bekerja terlalu keras bisa menyebabkan suhunya menjadi panas atau dikenal dengan isitilah overheat. Biasanya hal ini dapat terjadi karena adanya kerusakan pada bagian pendinginan atau radiator. Rusaknya komponen radiator dapat menyebabkan mesin tidak beroperasi secara efisien. Gesekan pada komponen mesin menimbulkan kenaikan suhu yang signifikan dan akhirnya memicu kebakaran pada mobil.

Untuk menghindari panas berlebih pada mesin, kamu bisa menggunakan dua cara ini, yang pertama yaitu gunakan TOP 1 Power Coolant pada radiator kamu. TOP 1 Power Coolant telah diformulasikan secara khusus menggunakan inhibitor karat karboksilat organik berumur panjang terbaru di AS yang memberikan perlindungan korosi terbaik yang sangat direkomendasikan untuk melindungi sistem pendingin kendaraan Anda.

Dan cara kedua adalah gunakan oli berbahan dasar sintetik yang mampu melindungi mesin secara maksimal dari panas, oksidasi, dan partikel kotoran yang dapat mengganggu kinerja mesin, gunakan Oli TOP 1 HP Sport Series yang mampu melindungi mesin dari panas berlebih.

 

 Baca Juga : Rekomendasi Oli Terbaik Untuk Mobil LCGC Daihatsu Sigra Dan Toyota Calya

 

4.Modifikasi yang salah

Setiap pemilik mobil pastilah menginginkan mobil impian yang sesuai keinginan. Alhasil memodifikasi mobil menjadi pilihannya. Namun, modifikasi bukanlah hal yang dengan mudah, apalagi jika berhubungan dengan kelistrikan. Anda harus mempertimbangkan dan melakukannya dengan matang. Salah satu contoh modifikasi yang dianggap sepele padahal memiliki potensi menjadi penyebab mobil terbakar adalah modifikasi pada fog lamp atau lampu kabut dengan alasan kurang terang. Sering kali pemilik mobil tidak mengetahui bahwa watt pada fog lamp yang terlalu besar berpotensi memicu terjadi kebakaran.

Rekomendasi untuk kamu: