Selasa, 7 Juli 2020

Pilihan Oli Mobil Matic Peugeot 206 serta Spesifikasi Lengkap

Perebutan segmentasi pasar di mobil hatchback terus merangkak naik, salah satunya adalah tipe mobil kota atau kategori LCGC.

Peugeot merupakan pabrikan otomotif asal Perancis yang mengeluarkan Peugeot 206 sebagai opsi pilihan.

Mobil matic Peugeot 206 menjadi idola dengan ukurannya yang ringkas serta cukup hemat untuk daya pakai BBM. Pabrikan Eropa sendiri lebih mudah dikendalikan dan memiliki desain yang cukup khas dibandingkan merek Jepang.

Pabrikan mobil matic Peugeot 206 sendiri bersanding dengan beberapa merek seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift, Hyundai Getz, Chevrolet Aveo, KIA Picanto Cosmo, dan lain sebagainya.

Apa yang membuat Peugeot 206 mencolok dan berbeda dibandingkan para pesaingnya?

Kualitas serta kelebihan apa yang terdapat di mobil mungil dan ringkas satu ini? Yuk, simak informasi selengkapnya sob!

Eksterior Mobil Matic Peugeot 206

Desain eksterior mobil Peugeot 206 sendiri memiliki guratan garis tajam dan tegas. Kelebihan dari mobil Eropa adalah teknologi serta desainnya yang modern meski menjadi lini produksi merek tua.

Bagian depan Peugeot 206 memiliki aksen yang simpel dan jauh dari kata agresif. Gaya dan balutan desain mobil khas perkotaan ini cocok menemani aktivitas di kota-kota metropolitan Indonesia.

Ada sirkulasi udara yang berada di sebelah kanan kap mesin menambah kesan unik dan berbeda.

Untuk desain bagian samping Peugeot 206 membawa garis hitam tegas di dua lini pintu yang masing-masing berada di bagian bawah. Mobil Peugeot 206 juga tidak jauh dari kata simpel dan mengedepankan aksen khas city car.

Bagian belakang terdiri dari lampu kecil dengan tanpa aksen krom. Garis hitam pada bumper belakang menambah corak garis hitam yang berada di sisi depan dan samping Peugeot 206.

Satu hal yang menjadi perhatian adalah logo dari Peugeot sendiri yang berkesan dan mewah. Tentu meski lini produksi yang lama, mobil ini tetap menarik hati para peminat mobil pabrikan Eropa.

Interior Mobil Matic Peugeot 206

Bagian interior sendiri masih tergolong minimalis dan sederhana untuk tipe hatchback. Dari sisi dasbor sendiri masih didominasi warna hitam serta aksen-aksen perak guna menambah kesan modern.

Panel serta instrumen warna yang ditunjukkan di dasbor ketika mobil menyala juga jauh dari kesan mobil tua. Kekurangan yang mungkin dirasakan adalah material plastik keras yang masih populer di masa produksinya.

Fitur sendiri jauh dari kata lengkap, namun untuk ukuran serta lini produksi masanya Peugeot 206 sudah dilengkapi AC dengan pengatur arah, power steering, electric mirror, dan power window.

Tentu teknologi yang dibawa meski berumur cukup tua dapat menjadi kelebihan bagi kamu yang gemar akan pabrikan Eropa satu ini. Tidak ada layar sentuh LCD serta Bluetooth, namun masih dilengkapi perangkat radio.

Kursinya juga termasuk kualitas tinggi dan ciri khas pabrikan Eropa yang fokus kepada kenyamanan posisi duduk pengendara dan penumpang.

Namun, posisi duduk di bagian belakang kurang nyaman bagi kamu yang memiliki tinggi di atas 175 cm. Sandaran jok yang tegak juga mungkin jadi kendala kenyamanan, namun kontur yang empuk masih menjadi nilai lebih.

Mesin Mobil Matic Peugeot 206

Untuk sektor mesin, mobil Peugeot 206 masih menggunakan 4 silinder SOHC 1,4 liter dengan kode mesin TU3JP. Sistem bahan bakar injeksi sudah tertanam di tipe mobil satu ini, lho!

Pada sisi tenaga, seri mesin tidak terlalu canggih namun lebih dari cukup untuk mobil city car sebatas 75 HP di putaran 5400 rpm. Torsi puncak untuk Peugeot 206 adalah 111 Nm di 3400 rpm untuk transmisi matic 4 percepatan.

Tidak ada fitur lain yang mendukung daya gedor atau kecepatan di mobil satu ini mengingat lini produksinya di tahun 2000-an.

Namun kualitas Peugeot 206 yang mampu bertahan hingga sekarang menjadi bukti betapa awetnya mobil satu ini.

BACA JUGA: Mengenal Transmisi Mobil Matic: Cara Penggunaan, Fungsi dan Keunggulannya

Salah satu yang wajib dipatuhi bagi kamu yang memiliki mobil Peugeot 206 adalah kualitas bensin yang harus berkualitas tinggi.

Mengapa? Karena gas buang pabrikan Eropa memaksa pabrik menggunakan Catalytic Converter untuk meminimalisir pencemaran udara.

Untuk harga? Mobil matic Peugeot 206 sendiri sudah tidak diproduksi, namun seri bekas atau second masih dijual-belikan pada showroom dan penyedia online. Harganya di kisaran Rp 45 - 70 juta.

Tertarik membelinya, sob? Agar kamu semakin yakin dengan pilihan kamu, yuk intip spesifikasi dari mobil Peugeot 206!

Spesifikasi Mobil Matic Peugeot 206

  • - Mesin: 4 Silinder SOHC 1,4L, TU3JP
  • - Kapasitas Mesin: 1400 cc
  • - Daya Maksimum: 75 HP / 5400 rpm
  • - Torsi Maksimum: 111 Nm / 3400 rpm
  • - Sistem Starter: Elektrik
  • - Sistem Bahan Bakar: Bensin (Oktan 92)
  • - Kapasitas Bahan Bakar: 50 Liter
  • - Tipe Kopling: -
  • - Tipe Transmisi: Otomatis / 4 Percepatan
  • - Warna Mobil Peugeot 206: Bianca White, Indigo Blue, Nordic Green, Onyx Black, Moonstone, Platinum Silver, Aubergine, Evergreen, Ardent Red, dll.

Oli Mobil Matic Peugeot 206

Selain membutuhkan bensin berkualitas tinggi agar kendaraan tidak mengalami overheating, mesin juga perlu dilakukan penggantian mesin yang rutin.

Spesifikasi sesuai buku manual untuk oli mobil matic Peugeot 206 adalah 10W-40. Kadar sintetis yang tinggi juga baik untuk membersihkan mesin mobil satu ini, sob!

Jangan lupa ganti oli berpotensi untuk rusaknya mesin dan menjadi resiko yang besar bila keluar biaya reparasi yang tidak sedikit!

TOP 1 ZENZATION 10W-40 menjadi pilihan yang tepat untuk Peugeot 206 kamu! Mampu melindungi mesin dengan teknologi Ester Fortified yang awet melapisi setiap sisi mesin kendaraan!

Kadar sintetisnya juga tinggi sehingga meminimalisir penguapan dan menahan suhu panas kendaraan dengan sangat baik!

Tunggu apalagi? Ganti oli dengan TOP 1 ZENZATION ke bengkel kesayanganmu sekarang!

Atau beli secara online di TOP 1 Tokopedia di sini! Beragam diskon hingga 30%, promo gratis ongkir, dan kualitas produk dijamin asli!

Jadi, udah pakai TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: