Rekomendasi Oli Ertiga yang Tepat dengan Spesifikasi Oli Terbaik

Rekomendasi Oli Ertiga yang Tepat dengan Spesifikasi Oli Terbaik

Transportasi kendaraan roda 4 menjadi salah satu moda transportasi terfavorit di Indonesia. Faktanya, sebanyak 40% kendaraan yang melintas di Jakarta merupakan mobil, termasuk tipe pribadi maupun untuk umum.

Tingginya angka mobil di Indonesia memang dibarengi inovasi dari para produsen kendaraan seperti Suzuki dengan produk mobil Ertiga. Wajah mobil yang familiar ini sudah berada di Indonesia sejak tahun 2010.

Awal penamaan Ertiga sendiri berasal dari kode R-III atau dibaca R untuk Row serta 3 untuk baris, berarti ada tiga baris kursi di dalam satu mobil (seven-seater).

Mobil Ertiga sudah menjadi penantang low MPV di Indonesia dengan kehadiran produk Suzuki Ertiga.

Kehadiran mobil-mobil ini menjadi warna baru di pasar mobil keluarga. Lantas, apa saja kelebihannya dan bagaimana perawatan oli yang tepat untuk mobil satu ini?

Eksterior Mobil Ertiga

Bagian eksterior mobil Ertiga kurang lebih berbeda dengan seri Suzuki All New Ertiga 2020 yang memiliki paras yang futuristik, apalagi di bagian stop lamp belakang.

Perubahan dan sentuhan modern masih terlihat jelas meski pabrikan atau produksi dari tahun 2015. Mobil Ertiga yang ditonjolkan pada seri depan memiliki corak yang sama-sama elegan dengan gaya khas depan mobil Ertiga.

Kesan elegan yang ditonjolkan sangat sesuai dengan hiasan merek LED, bersama dengan warna yang menambah kerennya mobil tersebut.

Meski demikian, desain lampu halogen masih kerap digunakan di pabrikan tahun 2015 meski lampu LED masih menyinari jalanan memang patut diacungi jempol. 

Suzuki Ertiga namun menghadirkan foglamp dengan teknologi anti kabut yang cocok digunakan hingga di area pegunungan. 

Beralih ke sisi samping, tidak ada hal yang terlalu istimewa selain guratan garis melengkung dari pintu depan hingga ke arah stop lamp.

Kaca dari mobil Ertiga sudah memiliki teknologi defogger atau penghilang kabut agar mudah melihat bagian belakang kendaraan.

Sedangkan lampu rem belakang sendiri dilengkapi LED guna menghasilkan sinyal rem yang terang kepada para pengendara.

Untuk interior juga tidak kalah seru, yuk simak sob!

Interior Mobil Ertiga

 

Hal yang sangat menjanjikan dari Suzuki Ertiga adalah dasbor yang sangat nyaman dilihat. Simpel dengan dominasi warna krem serta kesan premium menambah mewahnya berkendara di mobil tersebut.

Bagian kemudi atau setir mobil membawa gaya yang modern serta mewah. Aksen kayu hingga melingkar di daerah setir menambah aksen, meski demikian masih terbuat dari plastik ABS.

Sama seperti mobil produksi tahun 2015 pada umumnya, tersedia cup holder untuk mereka yang gemar menyimpan minuman saat berkendara.

Adapula teknologi Auto Climate Control yang menyesuaikan suhu internal dengan sekali tekanan di tombol dasbor.

Teknologi pelengkap lain adalah Multi Information Display (MDI) untuk memonitor segala kebutuhan mobil, baik BBM, jam digital, jarak tempuh, odometer, trip meter, dan lain sebagainya.

Sudah dibekali dengan bangku 3 baris sesuai namanya dan tentunya, hal ini cocok bagi Anda yang ingin membawa sanak saudara ke tujuan tertentu.

Mari beralih ke bagian mesin mobil Ertiga sob!

Mesin Mobil Ertiga

Untuk mesin mobil satu ini tidak banyak perubahan dengan berbagai seri sebelumnya Dibekali dengan daya mesin DOHC, VVT yang menghasilkan tarikan mulus dan pegasan yang kuat.

Torsi sebesar 138 Nm dan tenaga 104,7 Ps hadir menghiasi gaya tarik mobil satu ini. Bagian gigi atau transmisi juga mengadopsi gaya tarik 4 pegas.

Bahan bakar juga kian aman dengan teknologi Multi Point Injection (MPI) agar mampu menopang daya pacu cepat namun tetap irit.

BACA JUGA: 4 REKOMENDASI OLI MESIN MOBIL MATIC UNTUK TINGKATKAN PERFORMA KENDARAAN

Bagian harga menjadi salah satu hal yang menarik untuk dibahas, Suzuki Ertiga sendiri sudah memproduksi seri terbarunya di tahun 2020 dengan nama Suzuki All New Ertiga yang memiliki lampu stop lamp tegas memanjang ke bagian atas.

Namun untuk versi 2013 hingga 2017 agak sedikit berbeda karena tentunya versi ini lebih kecil dari keluaran terbaru pada tahun 2020, yaitu di kisaran Rp 170 juta sampai dengan Rp 205 juta.

Tertarik membelinya sob? Langsung simak spesifikasinya yuk!

Spesifikasi Mobil Ertiga

  • - Mesin: 4 Cylinder In-Line, 16 Valve, Mesin K14B
  • - Kapasitas Mesin: 1373 cc / 1400 cc
  • - Daya Maksimum: 95 PS / 6,000 rpm
  • - Torsi Maksimum: 130 Nm / 4,000 rpm
  • - Sistem Starter: Elektrik
  • - Sistem Bahan Bakar: Bensin (Multi Point Injection)
  • - Kapasitas Bahan Bakar: 45 Liter
  • - Tipe Kopling: Kopling Basah
  • - Tipe Transmisi: Manual / 5 Percepatan atau Matic / 4 Percepatan
  • - Warna Ertiga: Snow White, Cool Black, Silky Silver, Radiant Red, Graphite Gray, Burgundy Red

Oli Mobil Ertiga

Setelah memahami kehebatan teknologi yang dihasilkan oleh Suzuki Ertiga juga sangat diperlukan langkah berikutnya yaitu perawatan!

Perawatan bisa meliputi beberapa hal, seperti menjaga kinerja mobil tetap aman, mengganti spare part, dan melakukan uji berkala pada komponen mobil.

Kapasitas oli Ertiga berada di angka 3,1 liter atau 3,4 liter dengan filter oli. Spesifikasi Ertiga bisa menggunakan 5W-30 atau 10W-40 untuk versi lama atau 0W-20 untuk versi terbaru.

Setelah mengetahui kapasitas oli Ertiga dan viskositas olinya, lantas pilihan oli apa yang baik untuk mobil satu ini?

TOP 1 ZENZATION 5W-30 siap jadi pelindung mesin mobil Ertiga kesayangan kamu sob! Memiliki kandungan sintetis serta teknologi terbaik di kelasnya, apalagi dengan harga yang terjangkau.

Teknologi Ester Fortified akan menjaga kinerja mobil aman sejak pertama kali mesin dihidupkan.

Mobil satu ini akan menjadi lebih mulus di segi tarikan, tentu tidak salah menjaga kinerja mobil agar aman di segala medan dengan pilihan pelumas mesin yang tepat!

Tunggu apalagi? Ganti oli kamu dengan produk TOP 1 ZENZATION sekarang di bengkel-bengkel kesayangan!

Atau beli secara online, lagi banyak promo menarik nih di Shopee dan Tokopedia resmi TOP 1. Rasakan juga beragam diskon menarik dan Xtra Gratis Ongkir!

Udah cobain TOP 1 belum?

© PT Topindo Atlas Asia 2024