Selasa, 23 Juni 2020

Review Chevrolet Spin: Oli Terbaik, Teknologi dan Spesifikasi

Pabrikan mobil berlomba-lomba memberikan pengalaman berkendara yang sangat baik dan nyaman. Salah satunya adalah Chevrolet yang kental dengan lini produk mobil MPV atau keluarga yaitu Chevrolet Spin.

Chevrolet Spin sendiri kurang dilirik di Indonesia mengingat pasar mobil keluarga sudah didominasi oleh Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Kini pendatang baru datang dari Suzuki dan Mitsubishi, namun Chevrolet kurang mendapatkan pamor.

Memang pabrikan Eropa kalah dari segi penjualan dibandingkan pabrikan Jepang di rentang produk mobil keluarga. Namun sepertinya Chevrolet Spin memiliki hal-hal yang perlu kamu pikirkan terlebih dahulu.

Bagaimana kondisi mobil satu ini? Sisi mana yang menjadi kelebihan dan kekurangan dibandingkan para pesaingnya?

Eksterior Mobil Chevrolet Spin

Mobil tipe MPV atau Multi-Purpose Vehicle merupakan tipe mobil yang paling dicari mengingat mesin yang bandel dan mampu melintas di jarak jauh serta gaya desain yang sangat elegan.

Striping menjadi hal yang sangat diperhatikan di mobil tipe MVP. Selain itu gaya elegan dan mewah sangat cocok untuk tipe ini yang ditonjolkan melalui sepasang Grill serupa dengan tipe Chevrolet lainnya yaitu Colorado dan Trailblazer.

Gaya dan logo Chevrolet juga menambah keren mobil satu ini, dipermanis dengan penggunaan foglamp yang berguna menerangi jalanan di malam hari. Tentu penggunaan yang serba guna sangat cocok bagi skala keluarga.

Sisi samping memiliki desain guratan simpel untuk mempertegas gaya mobil yang elegan dari Chevrolet Spin.

Body kokoh yang terpampang di Chevrolet Spin menambah citra mewah selain dari bodi depan dan samping.

Lampu bagian belakang juga membawa kesan tersendiri dengan High Mount Stop Lamp di kedua sisi kendaraan.

Eksterior lampu yang menggunakan bohlam halogen membawa warna berbeda di keadaan malam atau gelap.

Beda dengan pesaing di Indonesia, kesan mewah khas gaya Eropa sangat ditonjolkan di Chevrolet Spin satu ini.

Tidak heran banyak pabrikan tipe serupa yang terinspirasi dari eksterior Chevrolet Spin yang mewah dan elegan.

Interior Mobil Chevrolet Spin

Bagian interior akan membawa warna tersendiri bagi para pengguna mobil. Tentu berbagai aspek seperti dasbor, teknologi, kendali setir, tempat duduk, dan lain sebagainya dapat ditonjolkan pada aspek ini.

Interior di mobil Chevrolet Spin sedikit berbeda karena ruang kabin mobil satu ini dibalut kesan modern dengan perak dan chrome.

Kenyamanan pengendara dan penumpang juga ditunjang tempat duduk yang lembut berwarna krem yang membawa kesan low-profile. Pada bagian dasbor terdapat port USB, AUX, dan Bluetooth untuk menemani perjalananmu dengan musik.

Pada kabin tersedia power socket 12v bagi kamu yang membutuhkan daya listrik di smartphone. Ada juga cup holder di setiap row kursi yang berfungsi menjadi tempat minum atau makanan ringan.

Pada dasbor, Chevrolet Spin membawa Sporty Digital Speedometer Combination dengan tingkat keakuratan tinggi dalam semua indikator mesin. Terdapat kecepatan, jarak tempuh, indikator lampu dan lain sebagainya.

Adapula Audio Steering Switch yang mempermudah pengemudi dalam mengontrol sistem audio ketika berkendara.

Akses yang simpel ini memberikan kemudahan tanpa melepas kemudi kendaraan di jalan.

Ada juga teknologi penunjang keselamatan yaitu Air Bags serta seat belt yang penting di setiap kendaraan. Nyaman bukan? Bagi kamu yang suka dengan desain mobil bergaya Eropa tentu tidak salah memilih kendaraan satu ini.

Tapi, bagaimana dengan sektor mesin atau dapur pacu di Chevrolet Spin?

Mesin Mobil Chevrolet Spin

Beralih ke bagian mesin yang mana terdiri dari spesifikasi sesuai dari mobil MPV. Ada 2 jenis tipe mesin yang tersedia yaitu DOHC Dual VVTi dan Common Rail Direct Injection yang dilengkapi dengan Turbocharger.

Mesin Chevrolet Spin sendiri terbagi ke tiga macam tipe, yaitu 1,3 L, 1,2 L, dan 1,5L.

Pada mesin 1.3L, Chevrolet Spin menggunakan tipe mesin diesel 4 Cylinder Common Rail Direct Injection yang berfungsi untuk menyemburkan tenaga yang efisien dengan penggunaan bahan bakar seminimal mungkin.

Untuk versi bensin tersedia di tipe 1,2L dan 1,5L. Yang masing-masing menggunakan tipe mesin 4 Cylinder DOHC 16 Valve Dual VVTi yang tentu ramah dengan lingkungan dengan emisi bahan bakar yang minim.

BACA JUGA: 5 Ciri-ciri Oli Pelumas yang Bagus Untuk Mobil Kesayangan Kamu

Semua tipe Chevrolet Spin menggunakan transmisi percepatan 5 manual dengan teknologi Multi Point Fuel Injection System di DOHC VVTi (bensin) dan High Pressure Common Rail Direct Injection di mesin diesel.

Tentu hal ini merupakan suatu kelebihan mengingat mobil MPV memiliki berbagai teknologi yang berbeda-beda tergantung penggunanya. Untuk spesifikasi lebih jelas kamu bisa melihatnya di bawah.

Spesifikasi Mobil Chevrolet Spin

  • - Mesin: 4 Cylinder DOHC 16 Valve Dual VVTi
  • - Kapasitas Mesin: 1485 cc / 1500 cc
  • - Daya Maksimum: 109 Ps / 6000 rpm
  • - Torsi Maksimum: 142 Nm / 3800 rpm
  • - Sistem Starter: Elektrik
  • - Sistem Bahan Bakar: Bensin 
  • - Kapasitas Bahan Bakar: 53 Liter
  • - Tipe Kopling: -
  • - Tipe Transmisi: 5 Percepatan / Manual
  • - Warna Chevrolet Spin: Putih, Perak, Hitam, Ab-abu

Oli Mobil Chevrolet Spin

Setelah mengetahui spesifikasi dan Chevrolet Spin tentu kamu harus mampu merawatnya. Untuk bagian mesin, tentu oli menjadi pilihan yang penting dan harus mengacu pada buku manual kendaraan.

Pada buku manual Chevrolet Spin manual, disarankan menggunakan 5W-20, namun banyak penyedia di Indonesia yang tidak memberikan spesifikasi serupa. Banyak yang beralih ke spesifikasi 5W-30.

Kapasitas oli di Chevrolet Spin 1.5L pun tidak terlalu banyak, berkisar di angka 1,7 liter yang minimal diganti setiap 10.000 - 15.000 km. 

Sebisa mungkin menggunakan oli sintetis yang encer karena mesin mobil modern lebih presisi dan rapat.

TOP 1 ZENZATION 5W-30 mampu memenuhi kebutuhanmu dengan spesifikasi yang cocok berbahan sintetis dan memiliki teknologi Ester Fortified yang menjaga komponen lebih lama dan menghasilkan mesin yang lebih awet.

Tunggu apalagi? Ganti oli kendaraan kamu dengan TOP 1 ZENZATION di bengkel atau toko kesayangan sekarang!

Atau beli di TOP 1 Store Tokopedia di sini! Nikmati diskon hingga 30%, kemudahan transaksi, dan promo gratis ongkir sekarang!

Rekomendasi untuk kamu: