Tips Memilih Pelumas Mobil dan Motor Terbaik, Perhatikan Bahan Dasarnya

Tips Memilih Pelumas Mobil dan Motor Terbaik, Perhatikan Bahan Dasarnya

Memilih pelumas mobil maupun motor terbaik memang cukup menyulitkan. Padahal fungsi pelumas bagi mesin sangat krusial, khususnya untuk menjaga kinerja mesin kendaraanmu.

Pelumas mesin terbaik harus mampu melumasi komponen dan mereduksi pergesakan yang terjadi di dalam mesin, serta membuat endapan-endapan di dalam dinding mesin menjadi bersih.

Untuk kamu yang masih awam, pelumas mesin terbagi menjadi beberapa jenis yaitu pelumas mesin mineral, pelumas mesin full sintetik, dan pelumas mesin semi sintetik.

1. Pelumas mineral

Pelumas mineral menggunakan penyulingan mineral dari bumi. Karena ini merupakan teknologi pertama, sehingga sistem pelumasan pada komponen mesin masih kurang bagus.

Pelumas mineral memang memiliki harga yang murah, namun masa pemakaiannya tidak bertahan lama dan hal inilah yang membuat jenis bahan dasar pelumas ini sudah mulai ditinggalkan.

Baca juga: McLaren Club Indonesia Dan Oli TOP1 Menjajal Sepang International Circuit

Namun, masih ada beberapa mesin kendaraan motor yang masih harus menggunakan jenis pelumas ini.

2. Pelumas full Sintetik

Jenis pelumas full sintetik sendiri merupakan pelumas hasil terbersih dari pemilahan pelumas mineral, sehingga secara pengolahan dan kegunaannya pelumas jenis ini jelas lebih bagus dibandingkan dengan pelumas mesin non-sintetik biasa.

Hal tersebut membuat pelumas full sintetik memiliki usia pakai lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi, serta melindungi mesin lebih bagus, juga membuat efesiensi bahan bakar yang lebih hemat.

Pelumas mesin berbahan dasar full sintetik seperti pelumas TOP1 Evolution series bisa menjadi pilihan terbaik.

Pelumas TOP1 menghadirkan rangkaian pelumas sintetik yang diformulasikan dengan Ester Fortified dan Extreme Low Shear Technology, sehingga memiliki usia pakai lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi serta mampu memberi perlindungan maksimal terhadap keausan.

Pelumas sintetik dari TOP 1 Evolution Series telah dipercaya sejak tahun 2017 oleh komunitas Mclaren Club Indonesia untuk melindungi mesin mobil supercar ini.

3. Pelumas semi-sintetik

Jenis bahan dasar pelumas selanjutnya adalah paduan antara pelumas mineral dan sintetik. Kualitas ini  berbahan dasar semi-sintetik berada di tengah antara mineral dan sintetik.

Pelumas jenid ini merupakan paduan antara pelumas mineral dengan syntetic, menghasilkan kemampuaan pelumas yang baik dengan harga lebih murah dari syntetic.

Baca juga: Review Oli Mobil TOP1 : Mampu Kembalikan Performa Terbaik Mobil

Salah satu merek pelumas semi- sintetik terbaik yang ada di pasaran saat ini adalah pelumas TOP1 MC,

yang diperuntukan untuk motor berkopling basah,

Untuk kamu penggunan motor matik, pelumas TOP1 Action Matic mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik dan lebih halus 

Dari ketiga jenis pelumas tersebut, pelumas mineral dan pelumas full sintetik merupakan pelumas motor maupun mobil yang sering digunakan.

© PT Topindo Atlas Asia 2024