Kamis, 6 Agustus 2020

Ulas Toyota Soluna: Oli Terbaik, Fitur dan Spesifikasi Lengkap

Mobil pabrikan lama memang memiliki daya tarik tersendiri selain performanya yang memang dibilang ketinggalan zaman. Toyota Soluna akan menjadi topik pembicaraan mengenai oli, spesifikasi, serta cara perawatannya.

Toyota merilis Soluna tepat pada bulan April 2000 guna memenuhi kebutuhan mobil sedan di Indonesia. Harganya dulu terlampaui mahal mengingat kelasnya yang tergerus zaman hingga di tahun 2020.

Penggunaan mobil lawas sendiri beralih dari alat koleksi bagi mereka yang gemar menggunakan mobil pabrikan lama.

Namun, tidak sedikit yang masih setia menggunakan Toyota Soluna untuk kebutuhan sehari-hari. Kamu suka dengan rilisan dari Toyota yang satu ini?

Maka dari itu, yuk simak kelebihan serta spesifikasi lengkap mengenai Toyota Soluna, sob!

Eksterior Mobil Toyota Soluna

Dari segi dimensi dan desain, Toyota Soluna memang memiliki beberapa kesamaan dengan sang saudara yaitu Toyota Corolla. Namun desain klasik 1990-an ini memberikan nuansa beda di jalanan.

Bagian depan dan bumper terkesan mewah dengan aksen mobil klasik. Ada garis atau grill perak di tengah dengan logo Toyota sebagai pelengkapnya. Fitur yang dibawa mobil bisa dibilang sudah usang karena LED menjadi tren di era produksi terbaru.

Lalu di sisi samping terdapat garis bodi mengiring hingga ke bagian belakang. Ada desain pelindung hujan juga di sisi pintu. Namun, sisanya hanya aksen mobil sedan klasik yang sangat low profile.

Bagian velg sendiri sudah menggunakan material Alloy dan berwarna perak guna menjaga gaya klasik dan modern kendaraan.

Untuk bodi belakang sendiri Toyota Soluna masih mengadaptasi sistem lampu di bagian depan dengan bentuk oval. Material lampu pun digabungkan untuk sisi stoplamp dan lampu sein.

Tidak ada bumper berwarna atau spoiler di sedan satu ini. Bentuknya pun membawa kesan nostalgia dan klasik pada produksi tahun 2000-an.

Sesudah eksterior, mari beralih ke bagian interior sob!

Interior Mobil Toyota Soluna

Bagian dalam atau interior mobil memang cukup menarik untuk dibahas, apalagi dari sisi pengguna. Toyota Soluna sendiri masih mengadopsi gaya mobil klasik dengan dominasi warna abu-abu.

Material plastik juga mengisi bagian dasbor mulai dari setir hingga pelindung speedometer. Untuk fitur tambahan atau hiburan tidak tersedia apa-apa kecuali radio dan AC di berbagai sisi kursi.

Untuk tuas pemindah gigi juga masih menggunakan desain standar. Hanya saja, kursi yang dibawa mobil Toyota Soluna memang terkenal nyaman dan empuk dengan material halus.

Setidaknya Toyota Soluna mampu menampung hingga 5 orang. Tersedia juga armrest bagi para penumpang sehingga perjalanan jadi lebih aman dan nyaman.

Tidak ada informasi lebih lanjut karena memang produksi tahun 2000-an ini tidak mendapatkan pembaruan dari pihak Toyota Motor Indonesia. Banyak pesaing yang sudah mengadopsi merek dan gaya baru di pasar mobil sedan.

Tapi kalau bagian mesin bagaimana?

Mesin Mobil Toyota Soluna

Untuk bagian mesin sendiri mobil Toyota Soluna sudah diperkuat dengan mesin 5A-FE DOHC 1.5 L. Rekor penggunaan di jarak dekat maupun jauh juga terlampau nyaman, hanya saja bagian mesin perlu jadi pertimbangan.

Kecepatan di angka tinggi juga tidak kalah dengan para kompetitornya, justru sensasi belokan dan tarikan yang sangat halus dapat kamu rasakan di Toyota Soluna. Toyota juga mengklaim bahwa bahan bakar di mobil ini irit, lho!

Penggunaan di jarak jauh hingga dekat dapat memakan km / liter yang cukup rendah. Bagian transmisi sendiri sudah terbagi ke dua tipe yaitu transmisi dan otomatis.

BACA JUGA: Mengenal Transmisi Mobil Manual: Cara Penggunaan, Fungsi dan Keunggulannya

Mobil ini menggunakan handling dari MacPHerson dan suspensinya masing-masing mampu menahan benturan. Untuk produksi tahun 2000-an, Toyota Soluna juga sudah memiliki sistem bahan bakar injeksi, lho!

Tentu untuk menilai suatu kendaraan harus menyesuaikan dengan tahun produksinya. Tidak salah bila menyebut Toyota Soluna sebagai salah satu mobil sedan terbaik di masanya, ya!

Untuk harga Toyota Soluna di tahun 2020 sendiri berkisar di angka Rp 40 juta sampai Rp 60 jutaan, sob!

Yuk, cek spesifikasi lengkapnya bagi kamu yang berminat menjajal sedan klasik dari Toyota satu ini!

Spesifikasi Mobil Toyota Soluna

  • - Mesin: 5A-FE DOHC 1,5 Liter
  • - Kapasitas Mesin: 1500 cc
  • - Daya Maksimum: 100 HP / 5000 rpm
  • - Torsi Maksimum: 138 Nm / 4400 rpm
  • - Sistem Starter: Elektrik
  • - Sistem Bahan Bakar: Bensin
  • - Kapasitas Bahan Bakar: 40 Liter
  • - Tipe Kopling: -
  • - Tipe Transmisi: Otomatis (GLi) / 4 Percepatan & Manual (XLi) / 5 Percepatan
  • - Warna Toyota Soluna: Beige Metallic, Crystal White, Silver Metallic, Black Metallic, Blue Metallic

Oli Mobil Toyota Soluna

Toyota Soluna memerlukan oli mesin dan perawatan yang maksimal jika kamu memilikinya di tahun 2020, sob! Mesin yang sudah tua perlu perawatan ekstra sehingga tarikannya tetap alus dan bertenaga.

Pemilihan oli harus menyesuaikan buku manual Toyota Soluna yang membawa spesifikasi 10W-40. Kapasitas oli mesin Toyota Soluna sendiri berkisar di angka 3 liter.

Lebih menggunakan oli dengan kandungan sintetis agar perlindungan tetap maksimal menjamah seluruh sisi.

TOP 1 HP SPORT 10W-40 memiliki kandungan sintetis yang tinggi dna mampu melindungi secara menyeluruh! Teknologi XTRA-Clean Additives mampu membersihkan mesin kamu hingga sisi terkecil, lho!

Jadi percayakan TOP 1 HP SPORT dan ganti oli mesin kamu di bengkel-bengkel kesayangan!

Atau beli online di TOP 1 Store Tokopedia di sini! Banyak promo menarik, produk dijamin asli dan diskon hingga 30%, sob!

Oli Anda TOP 1 Juga, Kan?

Rekomendasi untuk kamu: