Rabu, 26 Desember 2012

Tahun baru, sejumlah jalan Jakarta siap ditutup

Polda Metro Jaya menyiagakan kurang lebih 2.500 personil gabungan untuk mengamankan malam pergantian tahun di sekitar bundaran Hotel Indonesia (HI). Dari jumlah tersebut, sekitar 500 diantaranya menjaga lahan-lahan parkir kendaraan warga Jakarta yang ingin menikmati malam tahun baru di kawasan bebas kendaraan bermotor (car free night/CFN)).

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, tujuan pemberlakuan CNF selain untuk menghindari kemacetan panjang di kawasan Monas dan bundaran HI, serta mengurangi polusi, juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Seperti kita tahu, setiap malam pergantian tahun, banyak masyarakat yang melakukan konvoi dan arak-arakan, dan banyak pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm, berbocengan lebih dari dua orang dan sebagainya. Ada juga yang menaiki atap bus atau mobil bak terbuka, ini sangat berbahaya bagi keselamatan. Bagi yang melanggar tetap kami tertibkan,” terangnya.

Ruas Jalan Jakarta

Bersamaan dengan itu, Polda Metro Jaya telah merilis daftar sejumlah ruas jalan di Ibu Kota yang mengalami perubahan arah dan penutupan lalu lintas selama malam pergantian tahun.

Untuk kawasan Harmoni, petugas akan melakukan penutupan jalan Majapahit. Di tempat ini kendaraan dari arah utara diarahkan ke jalan IR H. Djuanda atau arah jalan Suryopranoto. Sedangkan jalan Merdeka Barat arah selatan akan ditutup, kendaraan dialihkan menuju jalan Majapahit dan Harmoni.

Pada bunderan Air Mancur jalan MH. Thamrin (depan gedung Bank Indonesia) arah selatan dan jalan Merdeka Barat akan ditutup. Di lokasi ini arus lalu lintas diarahkan menuju jalan Merdeka Selatan dan ke jalan Budi Kemuliaan.

Bundaran HI

Di daerah Kebon Sirih, arus lalu lintas dialihkan ke sisi timur arah Tugu Pak Tani, dan ke arah barat, yakni menujut Tanah Abang.

Pada lokasi Sarinah, petugas akan menutup jalan MH. Thamrin daru arah utara dan selatan. Kendaraan diarahkan menuju jalan KH Wahid Hasyim Azhari arah barat atau ke arah Tanah Abang, serta menuju arah timur atau lampu merah jalan Sabang

Di bundaran HI, polisi akan mengalihkan kendaraan menuju ke jalan Imam Bonjol – traffic light Cokroaminoto dan seterusnya. Petugas juga mengarhkan arus lalu lintas menuju jalan Tanjung Karang dan jalan Kendal.

Sementara arus lalu lintas di daerah Dukuh Atas, terutama arah utara akan ditutup. Kendaraan akan diarahkan ke atas traffic light Dukuh Bawah.

Daerah di sekitar Wisma Dharmala, terutama jalan Jend. Sudirman ke arah utara akan ditutup, Kendaraan warga dialihkan menuju jalan KH. Mas Mansyur atau lampu merah Karet.

Di kawasang Semanggi, petugas menutup jalan Jend. Sudirman arah utara, dan kendaraan diarahkan menuju ke Jl. Gatot Subroto arah timur (arah cawang) dan ke arah selatan atau menuju Blok M.

Lalu di daerah sekitar bunderan Senayan, penutupan terjadi pada jalan Jend. Sudirman arah utara, dan kendaraan dialihkan ke jalan Hang Tuah atau diarahkan ke arah jalan Sisingamaraja.

(kpl/nzr/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters