Selasa, 22 Desember 2020

5 Perbedaan serta Fungsi Oli Mesin dan Oli Gardan pada Kendaraan

Ada cukup banyak pengguna mobil maupun mekanik yang menggunakan oli mesin sebagai pelumas bagian gardan di mobil. Banyak yang mengatakan bahwa memang oli mesin bisa digunakan sebagai oli gardan mobil.

Dengan begitu, muncul tanda tanya besar, apakah oli mesin dan oli gardan sama? Mengetahui hal tersebut, akhirnya seorang Ahli Peneliti Pelumas pun menanggapi pertanyaan tersebut.

"Sebenarnya oli gardan motor yang dijual di pasaran itu isinya kurang lebih sama dengan oli mesin," ucap M. Haniffudin, Ahli dan Peneliti Pelumas dari lembaga terpercaya.

Dia juga mengatakan bahwa oli mesin cocok dan tidak masalah untuk digunakan sebagai bagian dari transmisi di mobil.

"Tidak apa-apa, kerja gardan di motor matic itu ringan tidak seberat kerja gardan di mobil. Jadi bisa saja pakai oli di mesin karena aditif yang digunakan juga sama," timpalnya.

Namun hal ini akan sedikit berbeda. Hafinuddin mengatakan untuk mobil sebaiknya menggunakan oli gardan yang khusus. Karena kinerja gardan mobil sangat berat karena mengayuh beberapa ban sekaligus.

Daya tarik dan beban yang dibawa juga berbeda karena oli gardan mobil menyesuaikan dengan berat yang dibawa oleh mobil.

Tentu akan sangat berbeda kasusnya, apalagi oli mobil memiliki berbagai spesifikasi khusus, begitupula oli gardan. Maka, sebaiknya jangan menggunakan oli yang sama baik di mesin maupun gardan.

Melihat hal tersebut, pada kesempatan ini kami akan memberitahukan perbedaan oli mesin dan oli gardan yang mungkin belum kalian ketahui, terutama bagi pengguna mobil.

1. Fungsi Terhadap Mesin Kendaraan

Kedua jenis oli tersebut memang berfungsi untuk melumasi komponen mesin. Akan tetapi, masing-masing oli memiliki fungsi untuk melumasi jenis komponen yang berbeda. 

Jika oli mesin, berfungsi untuk melumasi komponen berbahan logam yang ada di dalam mesin. Sedangkan oli gardan atau transmisi, berfungsi untuk melumasi komponen di bak transmisi.

2. Kandungan Aditif 

Setelah itu, kedua oli ini juga memiliki aditif yang berbeda. Aditif tersebut yang membuat oli juga dapat berfungsi sebagai pendingin, perapat, sekaligus anti-karat.

Akan tetapi, kandungan aditif yang dimiliki oleh oli mesin dan oli gardan itu berbeda, karena oli mesin memiliki kandungan aditif yang lebih kompleks dibanding oli gardan.

3. Takaran Oli 


Takaran oli mesin dan oli gardan juga berbeda. Hanya saja, jumlah takaran pada masing-masing oli ini tergantung dengan kapasitas yang dimiliki oleh tipe mesin.

Kapasitas oli mesin mobil, pada umumnya berkisar antara 3-4 liter pada mobil. Sementara oli gardan mobil, biasanya sekitar 1-2 liter.

4. Lama Waktu Diganti

Lama waktu ganti oli mesin juga berbeda dengan oli gardan. Dibandingkan dengan oli mesin, oli gardan bisa bertahan lebih lama lagi. Pada kondisi normal, oli mesin matic dianjurkan untuk diganti setiap 15.000 km. Sedangkan oli gardan biasanya diganti tiap 30.000 km.

5. Efek Pada Saat Jumlah Oli Berkurang

Kekurangan oli mesin dan oli gardan, dampaknya bisa kita bedakan. Ketika oli mesin kurang, biasanya efek yang paling terlihat adalah performa mobil yang kian menurun.

Sementara untuk oli gardan yang kurang, mobil bakal mengeluarkan suara berisik, hal tersebut juga bisa merusak sektor gear box.

BACA JUGA: REKOMENDASI OLI TRANSMISI DI TOYOTA AGYA MANUAL, NYAMAN DI PERJALANAN

Itulah perbedaan antara oli mesin dengan oli gardan yang perlu kalian ketahui.

Jadi, jangan sampai kalian salah dalam penggunaannya ya! Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian perihal otomotif.

Itulah perbedaan oli mesin dan oli gardan pada kendaraan serta apa yang akan terjadi jika olinya tidak pernah diganti. 

Oli transmisi yang baik untuk kendaraan juga diperlukan sob! Biar mobil kesayangan kamu memiliki daya gerak yang mulus dan mampu berkendara lebih aman dan tentunya optimal.

TOP 1 SYNTHETIC GEAR OIL memiliki formula khusus yang menjaga daya gerak transmisi kendaraan tetap stabil, tidak lupa kandungan atau bahan oli sintetis yang tinggi.

Perputaran dan manuver kendaraan akan lebih mudah dilakukan dan tentunya, tanpa adanya rasa berat. Perpindahan gigi juga lebih mulus dan nyaman digunakan.

Ada berbagai tipe yang cocok untuk kendaraan kamu, baik transmisi manual maupun otomatis, tentunya dengan spesifikasi yang pas!

Tunggu apalagi? Ganti langsung oli kendaraan kamu di bengkel kesayangan dengan produk TOP 1 sob.

Atau mau ganti oli sendiri? Bisa kok! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang! 

Banyak promo menarik, diskon besar-besaran, gratis ongkir, hingga keaslian produk terjamin! 

Sudah beralih ke TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: