5 Ritual Wajib Untuk Mobil Anda Sehabis Mudik Lebaran

5 Ritual Wajib Untuk Mobil Anda Sehabis Mudik Lebaran

Budaya mudik memang tidak akan pernah hilang dalam menyambut lebaran. Dan tidak sedikit pengendara memilih untuk mengendarai kendaraan sendiri, untuk bisa sampai di kampung halaman mereka. Selain memberikan sensasi dan pengalaman unik tersendiri selama di perjalanan,dengan mengendarai kendaraan sendiri sedikit lebih nyaman dan bebas.

Setelah melakukan perjalanan yang panjang dan melelahkan,ada baiknya ketika sampai ke tempat asal kita,saatnya memanjakan kendaraan kita yang sudah kita pacu selama mudik lebaran.

Berikut 5 Ritual Wajib yang kudu anda lakukan sehabis mudik lebaran :

1. Pengecekan Rem

Jarak penggunaan kampas rem tergantung dari pengendaranya, namun biasanya untuk mobil varian transmisi otomatis itu setiap 20 ribu km sudah harus ganti. Sedangkan yang manual sedikit agak lama umurnya bisa mencapai 40 ribu km, meski semuanya tergantung si pengendara. Untuk mengetahui bila rem anda sudah semakin tipis sangat mudah. Diantaranya, bila diinjak akan terasa lebih dalam. Dan pengecekan pun harus segera dilakukan, kalau kampas remnya sudah tipis melewati batas yang ditentukan maka harus diganti. Kalau rem kendaraan anda masih menggunakan tromol dan kampas rem masih tebal, itu masih bisa di stel ulang. Kecuali untuk model cakram itu harus diganti piringan. 2. Pengecekan Kopling Secara umum kopling itu harus ganti per 70 ribu km, meski ada juga yang dibawah itu. Ada yang menggantinya per 50 ribu atau 60 ribu. Namun dipastikan ini juga tergantung kembali kepada pengendaranya, asal menggunakan kopling dengan benar dengan tidak menginjak terus pedal, kopling bisa lebih awet. 3. Pengecekan oli (gantilah oli mesin anda) Di samping jarak tempuh yang jauh, kondisi macet juga memungkinkan derajat kekentalan oli juga bisa berubah dan jauh dari spesifikasi. Dan secara umum orang akan langsung mengganti oli mesin mereka. 4. Pengecekan oli transmisi Biasanya jarak pemakaian oli transmisi itu per 40 ribu km, soalnya oli transmisi saat ini sudah banyak yang bagus bagus. Selain itu saat ini spesifikasi mesin sangat mendukung. Namun tidak ada salahnya untuk anda melakukan pengecekan ulang, setelah melakukan perjalanan jauh. 5. Pengecekan kaki-kaki kendaraan Pengecekan kaki-kaki juga menjadi hal yang perlu ada cek ulang, seperti shockbraker dan lain-lainnya. Meski ini jarang tapi ini harus dicek kembali, terutama untuk pengendara yang belum mengecek kendaraan mereka sebelum berpergian jarak jauh.

Sumber : http://oto.detik.com/read/2012/08/27/154055/2000162/1213/ini-dia-5-pemeriksaan-dasar-setelah-mobil-mudik-lebaran?o9911011199

© PT Topindo Atlas Asia 2024