New Grand Vitara siap 'goyang' trend car

New Grand Vitara siap 'goyang' trend car

PT Suzuki Indomobil Sales dalam pandangannya melihat bahwa tren kepemilikan passanger car sudah mulai menurun. Mereka yang antara lain berniat memiliki mobil kedua tidak lagi memilih model itu tetapi lebih ke SUV. Hal inilah yang menjadi keyakinan mereka untuk meluncurkan Grand Vitara baru menjelang akhir tahun 2012.

"Kalau enggak salah target (penjualan mobil Indonesia) 840.000 ya. Dikalikan saja 11 persen. Angka 11 persen ini adalah angka segmen dari medium SUV. Jadi sekitar 90.000 unit. Jadi cukup besar. Kalau dibagi 12 jadi (sebulan) sekitar 7.000-8.000 unit. Pasarnya sih sangat besar, ibarat menggantikan passanger car," ungkap Direktur Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales Davy Tulian di Jakarta.

Ia menambahkan bahwa hal tersebut didasari pengamatan bahwa pasar passanger car itu dari tahun ke tahun itu sama, baik kelas medium, kelas small.

"Jadi kalau melihat data Gaikindo dengan saksama, pasar passanger car itu dari tahun ke tahun itu sama, baik kelas medium, kelas small. Passanger car ini maksudnya yang punya tiga bagian, ada depan, tengah, sama belakangnya," tambah Davy.

Perubahan tren ini menunjukkan munculnya tren baru dan keyakinan baru bahwa konsumen SUV sedikit-banyak akan semakin eksis.

"Pasar ini yang biasanya diserap SUV. Jadi bagi mereka yang sebelumnya punya MPV-MPV yang medium, kalau dulu kan ke passanger car. Kalau sekarang ke SUV. Dengan demikian, segmen dengan target 90.000 per unit ini berkembang di 2012," ulasnya.

(kpl/why/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024