Regulasi mobil murah tuntas Desember ini?
Regulasi mobil murah tuntas Desember ini?
Regulasi tentang mobil murah ramah lingkungan Low Cost Green Car (LCGC) sempat redup barang sebentar karena belum kunjung pasti kapan diberlakukan. Namun Menteri Perindustrian MS Hidayat dalam sebuah kesempatan menyebutkan bahwa regulasi ini sudah sampai di tahap akhir.
"InsyaAllah akhir bulan ini bisa terbit. Kemarin bertemu Menteri Keuangan, kata beliau, aturan ini sedang diproses ke Presiden," ujarnya.
Menteri Perindustrian berharap aturan LCGC akan menumbuhkan pasar mobil nasional. Sebagai gambaran, pimpinan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo memproyeksi bahwa mobil murah ramah lingkungan punya potensi penjualan hingga 150.000 unit per tahun jika jadi dihargai di kisaran Rp. 80 juta.
Soal mobil murah, antara industri dan pemerintah sebelumnya saling tunggu. Jika Toyota bersama Daihatsu dan Astra sudah membuat Agya - Ayla sebagai pancingan, Kementerian Perindustrian sebagai regulator ternyata juga menunggu pihak industri dalam menyiapkan komponen yang diproduksi secara lokal.
Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Dharmadi, dalam pembukaan Jakarta Motorcycle Show 2012 lalu, menyampaikan bahwa regulasi mobil murah yang akan menjadi keran bagi menggelontornya produksi mobil murah ramah lingkungan bisa saja tuntas saat ini.
Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor boleh dibilang sebagai pihak pertama yang memperjelas hasrat akan hadirnya mobil murah ramah lingkungan melalui Agya - Ayla.
Daihatsu Ayla sendiri akan dipasarkan dalam empat varian dengan kode D, D+, M, dan X. Varian D sebagai yang termurah dilepas dengan harga Rp. 75 juta yang antara lain bumper belum sewarna dengan bodi, tanpa AC, interior di pintu rata dengan jendela engkol sehingga tanpa power window, dan sistem hiburan audio dan hanya transmisi manual.
Adapun D+ sudah punya power window, sudah memiliki AC, tetapi tetap dengan transmisi manual. Varian M tersedia dalam pilihan transmisi manual dan matik dengan perbedaan harga Rp. 10 juta (manual Rp. 80 juta, sedangkan matik Rp. 90 juta) dengan AC, power window, lampu kabut, panel pintu moulding, pelek kaleng.
Adapun varian X sebagai yang termahal juga dipasarkan dengan pilihan dua transmisi, manual dan matik (Rp. 105 juta) sudah memiliki semuanya, plus pelek alloy, dan pemanis krom di kisi-kisi depan mesin, transmisi matik dengan MID, roof spoiler, dan sistem audio terintegrasi.
(kpl/why/bun)