Senin, 18 Mei 2020

8 Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram Pada Sepeda Motor

Selain fungsi utama motor untuk aktivitas, para pengguna biasanya banyak yang menyepelekan tugas utamanya yaitu perawatan. Rem sendiri menjadi komponen yang kerap disepelekan banyak orang.

Perlu diketahui bahwa rem merupakan komponen yang sangat penting bagi kamu yang sering berada di jalanan.

Selain itu, rem memiliki beragam fungsi untuk mengatur kecepatan, mengamankan kendaraan di jalan yang rusak, dan fungsi keamanan.

Agar terhindar dari berbagai bahaya di jalanan, rem tentu perlu perhatian ekstra. Rem sendiri terbagi oleh dua tipe secara umum, yaitu rem cakram dan rem tromol.

Kamu bisa membaca tentang cara kerja rem cakram terlebih dahulu di sini.

Nah, rem cakram dan rem tromol memang memiliki fungsi yang sama yaitu menahan gerakan atau rotasi roda.

Kecepatan akan berangsur menurun untuk menyesuaikan hal yang terjadi di perjalanan kamu.

Lantas, kamu yang menggunakan rem cakram perlu tahu apa saja kelebihan serta kekurangannya. Berikut 8 kelebihan dan kekurangan rem cakram pada sepeda motor!

Kelebihan Rem Cakram Sepeda Motor

1. Bentuk yang Simpel dan Kecil

Biasanya rem cakram sangat sering digunakan di kendaraan sepeda motor. Hal ini karena komponen dapat pas dan cocok di beberapa lokasi pengereman dan pembentukan piringan logam.

Rem tipe cakram juga kerap digunakan untuk mengurangi beban yang dibawa oleh sepeda motor.

Selain bentuknya yang kecil, sepeda motor juga memiliki beragam fungsi lain yang lebih baik bila menggunakan cakram. 

2. Model Rem Terbuka

Dengan model rem yang terbuka maka pelepasan panas dari dalam sistem rem akan lebih baik. Hal ini sangat penting apalagi kamu yang menggunakan sepeda motor untuk jarak jangkauan yang jauh.

Panas juga akan memberikan penguapan bagi minyak rem yang memiliki kualitas rendah. Jadi, jangan main-main menggunakan minyak rem ya, sob!

3. Pengereman Efektif Teknologi Hidrolik

Hidrolik dari sistem rem cakram dapat kamu baca di sini untuk versi lengkapnya. Dengan daya hidrolik maka pengereman dari sepeda motor kamu akan lebih maksimal dan efektif.

Sistem ini juga melalui daya kinetik dari pengereman via pedal yang mengubah gaya tekanan menjadi sistem hidrolik.

Penjepitan rem hidrolik ini membawa efek yang dibutuhkan sesuai dengan daya rem yang diinginkan pengendara, jadi lebih presisi sob!

4. Durabilitas Baik Atau Awet

Memiliki barang yang awet merupakan dambaan para pengendara sepeda motor. Tentu bila barang awet maka pengeluaran untuk segi perawatan akan cukup untuk keperluan lain.

BACA JUGA: 5 Cara Perawatan Rem Mobil yang Benar dan Mudah

Namun bila dari segi perawatan disepelekan bukan tidak mungkin kualitas komponen sepeda motor menurun drastis.

Nah, rem cakram ini termasuk yang awet karena menggunakan piringan logam serta komponen yang bergantung dari minyak rem, jadi pilihlah yang berkualitas!

Kekurangan Rem Cakram Sepeda Motor

1. Komponen yang Kecil

Meski kelebihan terletak pada seluruh sistem rem cakram yang kecil, namun hal itu beriringan dengan komponen yang digunakan. Kampas rem akan lebih kecil sehingga daya pengereman akan tidak sekuat rem tromol.

Rem tromol sendiri memiliki daya rem yang kuat dan kerap digunakan pada mobil. Untuk penjelasan lebih lanjut bisa kamu cek di sini ya, sob!

Namun tenang saja, untuk skala kendaraan kecil seperti sepeda motor rasanya tidak ada masalah berarti dengan rem cakram. Maka dari itu, kecepatan motor pada umumnya ada di bawah standar mobil.

2. Lebih Cepat Aus

Yap, hal ini sangat wajar karena metode jepitan dari rem cakram bergantung sekali pada minyak rem dari hidrolik, reservoir, dan piston. Membuat penginjakan rem yang digunakan berkali-kali membuat rem cakram lebih cepat aus.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pengecekan berkala. Bisa kamu rasakan dari sistem rem yang sedikit kasar, maka lebih baik menggantinya dengan minyak rem yang baru.

3. Lebih Cepat Kotor

Ada kekurangan dari sistem rem terbuka, meski dapat melepas uap panas lebih cepat namun rem cakram bisa lebih cepat kotor. Hal ini dapat semakin buruk bila pengguna acuh dengan kondisi remnya.

Baik dari jalan yang berdebu atau terpaan air bisa menjadi masalah. Jadi, sering-sering membersihkan motor kamu ya, sob!

4. Mempengaruhi Velg Sepeda Motor

Menggunakan rem cakram dengan sistem yang terbuka akan berdampak langsung pada komponen terdekatnya, yaitu velg.

Pada kendaraan sepeda motor tentu velg bisa terdampak seperti kotor atau berdebu.

Namun hal ini juga bukan hal yang buruk mengingat perawatan atau membersihkan bisa menjadi hal yang mudah untuk dilakukan.

Dari total 8 kelebihan dan kekurangan rem cakram pada sepeda motor di atas tentu ada satu hal yang bisa menjadi kesimpulan, yaitu perawatan. Rajinlah mengecek berkala minyak rem di kendaraan kamu.

Gunakan selalu kualitas terbaik seperti TOP 1 Brake Fluid. Memberikan pelumas sintetis terbaik serta melekat pada logam.

Mampu membersihkan dan kuat hingga titik didih tertinggi guna menghindari aus berlebih.

Tunggu apalagi? Ganti minyak rem kamu sekarang dengan produk TOP 1 di bengkel langganan.

Ga mau ribet? Beli langsung dari smartphone kamu di TOP 1 Store Tokopedia, banyak promo menarik dan kualitas dijamin asli!

Rekomendasi untuk kamu: