Cara Aman Agar Mesin Kendaraan Tidak Mati di Lintasan Kereta Api

Cara Aman Agar Mesin Kendaraan Tidak Mati di Lintasan Kereta Api

Melintasi rel kereta api masih lazim dilalui oleh para pengendara motor. Biasanya, dengan melintasi rel, jarak tempuh akan semakin dekat karena tidak harus memutar terlebih dahulu. Tipikal jalan raya di Indonesia memang masih belum cukup ramah bagi pengendara.

Akibatnya, melintasi lintasan rel kereta api salah satu kunci agar perjalan terasa dekat. Selain itu, masih banyak permukiman yang berada di pinggir rel kereta api sehingga lalu lalang kendaran tidak bisa dihindari.

Melintasi rel kereta api bukanlah hal lazim bagi pengendara karena bisa sangat berbahaya. Akan tetapi, ada pengecualian. Dalam sebuah penyebrangan rel kereta api haruslah ada penjaga yang mengatur lalu lintas, palang kereta, lampu rambu berwarna kuning, serta suara sirine sebagai penanda bahwa kereta telah datang. Dengan kata lain, perlintasan tersebut merupakan perlintasan resmi.

Baca juga: Eratkan silahturami, Pelumas TOP 1 bersama McLaren Club Indonesia Mengadakan Drag Race di Sentul

Selain beberapa hal tersebut, faktor terpentingnya adalah kamu perlu disiplin dalam berkendara. Jika memang sudah waktunya untuk berhenti, meskipun kereta masih jauh, kamu harus berhenti. Faktor kecelakaan pada perlintasan kereta terjadi karena sikap pengendara itu sendiri yang lalai walaupun sudah melewati perlintasan yang resmi.

Melintasi rel kereta pun sangat riskan terhadap risiko kecelakaan. faktor mesin kendaraan juga sangat berpengaruh. Berikut ini penyebabnya.

Mesin Mati di Lintasan Rel Kereta Api

Kasus mesin mati saat menyebrangi rel kereta api kerap terjadi bahkan menimbulkan kecelakaan yang parah. Biasanya, kendaraan-kendaraan besar yang sering mengalami mogok seperti mobil, bus, dan truck. Agar kamu lebih mawas diri, kamu perlu tahu penyebab mengapa mesin motor bisa mendadak mati ketika melewati rel kereta api.

Daya magnetik yang terdapat pada rel kereta api yang menyebabkan mobil bisa tiba-tiba mati. Daya tarik magnet antara peron dan mobil terjadi karena adanya gesekan antara roda kereta dan rel. Hal ini terjadi karena roda kereta api menggunakan baja berjenis ferritic yang memiliki medan magnet yang kuat.

Hal tersebut sangat mengganggu sistem kelistrikan pada mobil dan menyebabkan kendaraanmu mogok.

Baca juga: Oli Top 1 Ini Bisa Dipakai untuk Mesin Bensin dan Diesel

Motor pun bisa tiba-tiba mogok jika kamu menggunakan sistem manual. Kalau pada motor, biasanya itu faktor lalai pengendara karena tidak pandai dalam menjaga putaran mesin tetap stabil.

Cara Aman Melintasi Rel Kereta Api

Kurangi kecepatan saat hendak melalui perlintasan kereta api. Tidak usah terburu-buru. Selalu waspada dengan kondisi kanan dan kiri. Usahakan berhenti 25 meter dari perlintasan ketika mendengar suara sirine dan palang pintu sudah tertutup. Sesuaikan putaran mesin dan transmisi kendaraan untuk menghindari mesin tiba-tiba.

Biasakan gunakan gigi yang rendah saja jika kamu menggunakan transmisi manual. Jika terlalu tinggi, mesin akan lebih cepat mati karena putarannya tidak stabil. Kamu juga perlu jaga jarak, jangan terlalu dekat dengan pengendara lain.

Jika posisi kendaraanmu saat melintasi tidak sejajar, maka kamu perlu membuat sudut putar sekitar 70-90 derajat. Jangan menyebrangi ketika posisi ban miring terutama untuk para pengendara motor. Jika miring, ban motor bisa selip dan tergelincir.

Jika kendaraanmu mengalami mogok. Jangan pernah panik. Tetap santai namun juga tetap waspada. Segera netralkan dan coba untuk starter mesin ulang. Jika tidak bisa menyala, minta pertolongan warga sekitar untuk mendorong jika diperlukan.

Intinya, kamu harus selalu disiplin dalam berkendara, ya. Selama kamu menaati aturan lalu lintas, berkendara secara benar, kamu akan terhindar dari kecelakaan. Perhatikan juga mesin kendaraanmu. Berikan yang terbaik serta rawat agar selalu bisa bekerja dalam performa yang tinggi.

Gunakan Selalu Oli Top 1

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standard pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

 

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

© PT Topindo Atlas Asia 2024