Selasa, 27 Oktober 2020

Penjelasan dan Pengertian Kode di Oli Mesin Motor Kopling

Pada kemasan produk oli mesin, kita akan diperlihatkan dengan kode-kode seperti SAE, JASO atau mungkin API. Kode ini adalah salah satu tanda yang harus diketahui oleh para pembelinya, agar tidak salah memilih oli untuk kendaraan.

Kali ini, kami akan memberikan beberapa kode oli motor, sekaligus beberapa pilihan oli terbaik yang bisa kalian coba.

Society Automotive Engineering (SAE)

Society Automotive Engineering (SAE), merupakan perkumpulan dari para insinyur yang bekerja guna mengembangkan standar kualitas produk otomotif. 

Jika konteksnya terkait oli atau pelumas, maka SAE ini adalah salah satu yang mengeluarkan skala viskositas atau tingkat kekentalan oli.

Dua angka yang dicantumkan pada parameter kekentalan dari SAE, contoh SAE 5W - 30, merupakan tingkat kekentalan pada kondisi berbeda.

Kelompok angka pertama, menunjukkan tingkat kekentalan pada suhu rendah, diukur pada kondisi temperatur nol derajat fahrenheit.

BACA JUGA: Pengertian Oli Mesin, Waktu Penggantian dan Masa Kadaluarsa

Huruf “W” diartikan sebagai “Winter”, yang mana menggambarkan suhu rendah. Sedangkan angka kedua adalah skala dari kekentalan oli pada suhu yang tinggi, diukur berdasarkan kondisi temperatur 212 derajat fahrenheit. 

Semakin tinggi angka viskositas, maka oli baka semakin kental lagi. Sebaliknya, jika semakin kecil, oli akan makin encer lagi

Kemampuan oli dalam menjaga viskositas dikala terjadi perubahan temperatur mesin, dipengaruhi oleh kandungan base oil atau bahan baku dari oli. 

Oli mesin memiliki kandungan base oil antara 70% sampai dengan 95%, sisanya bahan aditif berupa deterjen, anti-karat, anti-oksidan, pengencer dan juga penguat indeks viskositas untuk mempertahankan kekentalan dari oli tersebut.

Japanese Automotive Society Organization (JASO)

Selanjutnya ada Japanese Automotive Society Organization (JASO). Pada oli mesin, JASO ini menunjukkan klasifikasi oli sepeda motor berdasarkan spesifikasinya.

Klasifikasinya sendiri dibuat berdasarkan hasil tes JASO T 9004:2006 uji pelumasan terhadap gesekan komponen sistem kopling.

JASO juga membuat klasifikasi oli untuk motor 2 Tak dan 4 Tak yang ditandai dengan kode berbeda. 

Untuk 2 Tak, tidak diberi kode JASO FA, JASO FB, JASO FC dan JASO FD. Pelumasan komponen mesin motor 2 Tak, dimulai dari piston, kruk as dan ring piston menggunakan oli samping, sedangkan oli mesin hanya melumuri transmisinya saja.

BACA JUGA: Pengertian dan Arti Kode-Kode di Oli Mesin Kendaraan, Apa Saja?

Kode JASO tersebut membedakan jenis dari aditif oli samping yang memberi pengaruh pada torsi mesin serta asap yang dihasilkan ketika oli ikut terbakar bersama dengan bensin. 

Oli dengan kode JASO FA menghasilkan asap paling banyak, JASO FB dan JASO FC asapnya lebih sedikit, sementara JASO FD hampir tidak mengeluarkan asap.

Guna menjaga performa motor tetap prima, selalu gunakan oli yang sudah memenuhi kode dan standarisasi resmi seperti TOP 1 Oil.

Untuk motor kopling kamu bisa mempercayakan kepada TOP 1 EVOLUTION MC yang mampu melindungi lapisan mesin lebih menyeluruh. Sudah dilengkapi dengan sertifikasi mesin untuk pabrikan Jepang dengan teknologi 100% sintetis!

Baik dari kode oli mesin seperti SAE, JASO, dan turunan kodenya sudah diuji secara khusus dan resmi guna memenuhi klasifikasi dan spesifikasi berbagai macam kendaraan.

Tunggu apalagi? Ganti langsung oli mesin kendaraan kamu di bengkel kesayangan dengan produk TOP 1 sob!

Atau mau ganti sendiri? Bisa kok! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang! 

Banyak promo menarik, diskon besar-besaran, gratis ongkir, hingga keaslian produk terjamin! 

Sudah beralih ke TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: