7 Mitos dan Fakta Tentang Oli Mesin Yang Wajib Kamu Ketahui!

7 Mitos dan Fakta Tentang Oli Mesin Yang Wajib Kamu Ketahui!

Penggunaan oli motor maupun mobil merupakan hal yang wajib. Oli berguna untuk melumasi pergesakan antar mesin dan komponen serta membuat endapan-endapan di dalam dinding mesin menjadi bersih. Terlihat sangat sepele, namun oli mempunyai peran penting sekali dalam menjaga performa sebuah mesin kendaraan.

Maka dari itu, pemilihan dan penggantian sebuah oli harus diperhatikan secara matang-matang agar mesin kendaraan Anda bisa bertahan lama.

Baca juga :

5 Jagoan Drifter Terbaik Dari Oli TOP 1 di Formula Drift

Tidak heran jika selama ini berkembang banyak rumor atau mitos terhadap oli mesin yang baik seperti apa. Kadang juga malah menimbulkan banyak kesalahpahaman tentang oli mobil maupun motor. Agar Anda tidak tersesat dan salah paham, ada baiknya Anda memperhatikan artikel berikut ini tentang mitos dan fakta tentang oli mesin.

 

  1. Mitos tentang Oli yang Menghitam Pertanda Harus Diganti

Sudah lumrah kalau warna oli mesin berubah hitam dianggap sudah saatnya mengganti dengan yang baru. Padahal anggapan itu tak sepenuhnya benar. Sebab untuk masa pergantian oli itu tetap harus mengikuti buku panduan dari pabrikan motor atau mobil tersebut.

Karena oli bukan hanya sebagai pelumas, tapi fungsinya juga untuk membersihkan permukaan dinding silinder terhadap oksida, karbon dan kerak-kerak yang ditimbulkan karena pembakaran. Maka wajar dalam waktu singkat oli bisa berubah hitam.

 

  1. Sering Berganti Merk Oli Menyebabkan Mesin Rusak

Apakah benar sering mengganti merk oli bisa menyebabka kerusakan pada mesin? Jawabannya tidak bahaya kok karena hal yang perlu diperhatikan adalah kadar kekentalan oli yang kita gunakan, itu harus disesuaikan dengan mesin kendaraan kita.

Faktor yang membedakan pada setiap oli hanya kualitasnya saja, sehingga apabila konsumen berganti merek oli, kualitas yang dihasilkan yang akan berubah. Selebihnya, untuk mesin kendaraan tidak berbahaya selama oli tersebut asli dan resmi dikeluarkan oleh pabrikan asal motor tersebut.

Makanya pastikan kamu selalu menggunakan oli dengan kualitas terbaik seperti Oli TOP 1. TOP 1 telah berpengalaman dalam memproduksi oli Full Synthetic yang berkualitas. Oli Full Synthetic adalah oli hasil terbersih dari pemilahan oli mineral. Sehingga secara pengolahan dan kegunaannya, Oli yang Full Synthetic jelas lebih baik dibandingkan dengan Oli non Synthetic biasa, seperti usia pakai lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi dan melindungi mesin lebih baik dan efesiensi bahan bakar yang lebih hemat

 

 

  1. Ganti Oli Mobil Sesuai Jarak Tempuh Kilometer 5000 - 10000 km

Sebenarnya, hal ini juga tergantung dengan situasi yang Anda miliki. Bila mobil Anda pakai untuk kegiatan sehari-hari dan sering terjebak macet, maka yang harus Anda pertimbangkan adalah jam kerja mesin Anda. Walaupun kilometer tidak jalan, namun mesin tetap jalan dan tetap tersirkulasi.

Baca Juga:

Ini Akibat Bila Mengendarai Mobil dalam Keadaan Oli Kering!

Sebenarnya oli yang beredar saat ini, terutama oli mobil syntethic terbaik Oli TOP 1 HP 10W-30 SN, memiliki teknologi terbaru yang telah diuji hingga 15ribu km. Pengujian tersebut dilakukan dengan cara mengetes dengan tiga mobil matik sekaligus. Melakukan perjalanan dari Jakarta hingga ke Lombok.

 

  1. Mitos tentang Tidak Harus Mengganti Filter Oli Mobil

Anda harus mengganti filter oli kendaraan terutama filter oli mesin mobil. Siklus pergantian oli rutin pun direkomendasikan. Hal ini perlu dilakukan karena akan mengurangi potensi kerusakan pada mesin karena endapan kotoran.

 

  1. Oli Sintetik Dapat Menyebabkan Kebocoran pada Mesin

Mitos ini sama sekali tidak benar dan salah. Oli sintetik memiliki teknologi yang membuat molekul lebih kecil dibandingkan oli mineral sehingga memiliki cara masuk ke dalam celah terkecil di mesin kendaraan Anda. Bahkan hal itu berguna karena oli sintetik bisa mendeteksi gejala kebocoran pada mesin Anda.

Mulai dari sekarang, mari biasakan menggunakan oli sintetik dengan kualitas yang baik dan unggulan. Ganti oli Anda dengan menggunakan produk oli sintetik TOP 1 untuk kendaraan Anda.

 

  1. Oli Sintetik Bisa Digunakan untuk Kendaraan Produk Lama

Oli sintetik biasanya lebih direkomendasikan untuk kendaraan keluaran terbaru karena lebih cocok dengan teknologinya. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kendaraan lama bisa menggunakannnya. 

 

  1. Melakukan Pengecekan Sebelum Perjalanan Panjang

Anjuran ini memang tepat untuk dilakukan. Hal ini bisa menjaga kinerja mesin tetap performa yang baik. Bila Anda ingin melakukan perjalanan panjang, biasanya oli diganti terlih dahulu dua minggu atau bahkan seminggu sebelumnya.

 

Itulah 7 mitos dan fakta berkaitan dengan oli mesin kendaraan Anda.

Suka Artikel ini? Silahkan bagikan ke sosial media favorit kamu ya!

© PT Topindo Atlas Asia 2024